Rombongan Istri Camat OKUS Ramai-Ramai Buat Paspor di Kantor Kesbangpol

Rombongan Istri Camat OKUS Ramai-Ramai Buat Paspor di Kantor Kesbangpol

MUARADUA - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKUS) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang beralamat di Lingkungan Komplek Perkantoran Pemkab OKUS kota Muaradua, Jum'at (24/6/2022) siang kedatangan tamu dari Rombongan Ibu-ibu istri dari para Camat yang ada di wilayah Kabupaten OKU Selatan.

Kedatangan rombongan ibu-ibu camat ke Kantor Kesbangpol ini untuk melakukan pembuatan Paspor perjalanan ke luar Negeri di kantor perwakilan Pelayanan Imigrasi untuk daerah OKU Selatan yang ada di Sekretariat Kesbangpol OKU Selatan.

Seperti telah di ketahui untuk pembuatan Paspor, Pemkab OKU Selatan bersama Kantor Imigrasi kembali melakukan pelayanan inovasi dalam pembuatan paspor bagi masyarakat. Hal ini dilakukan melalui program layanan 3 in 1 SI MAMAT (Imigrasi Manjakan Masyarakat).

Layanan 3 in 1 Si Mamat ini sendiri merupakan inovasi layanan andalan Kantor Imigrasi Muara Enim yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota serta PT Pos Indonesia untuk memberikan pelayanan pembuatan Paspor di tempat yang disediakan oleh Pemerintah Daerah dalam waktu tertentu.

Layanan Si Mamat sendiri bertujuan untuk memanjakan dan memberikan kemudahan bagi seluruh masyarakat untuk mendapatkan pelayanan pembuatan Paspor.

Dengan adanya layanan Si Mamat ini, dengan begitu masyarakat tidak perlu jauh-jauh mendatangi Kantor Imigrasi di luar daerah dan masyarakat tidak perlu mengantre di Bank untuk pembayaran PNBP Paspor. Selain itu masyarakat juga tidak perlu bingung dan membuang waktu untuk mengambil Paspor yang sudah selesai.

Layanan Si Mamat di Kabupaten OKU Selatan sendiri telah resmi dilaunching pada September 2021 lalu. Dimana, bagi masyarakat yang ingin membuat Paspor cukup datang ke tempat pelayanan Si Mamat dengan membawa KTP Elektronik, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran/Akta Perkawinan, Buku Nikah, Ijazah atau Surat Baptis.

Ketua Forum Ibu Camat Kabupaten OKU Selatan, Siti Khodijah dibincangi media ini mengatakan kedatangan rombongan ibu-ibu Camat ke kantor Kesbangpol di hari tersebut untuk membuat Paspor di pelayanan imigrasi yang ada di kantor setempat

"Dari 19 Kecamatan, hari ini ada sebanyak 16 orang ibu Camat yang datang guna membuat Paspor untuk persiapan perjalanan ke Luar Negeri seperti ke tanah suci jika ingin pergi umroh," terangnya.

Dikatakannya pelayanan inovasi SI MAMAD yang terdapat di Kantor Imigrasi Wilayah OKU Selatan selain sangat bagus juga cepat serta mudah dalam proses pembuatan Paspor.

"Pelayanan di Kantor Imigrasi OKUS bagus, cepat dan mudah," puji istri dari Camat Tiga Dihaji tersebut.

Sementara itu Veri Wijaya selaku Kepala Kesbangpol OKU Selatan menjelaskan pelayanan Imigrasi yang terdapat di kantornya tersebut merupakan program kerjasama antara Pemkab OKU Selatan dengan pihak dari Imigrasi yang ada di Muaraenim.

"Ini untuk pelayanan pembuatan khususnya Paspor bagi masyarakat OKU Selatan dan ini berkat kerjasama antara Pemkab serta pihak Imigrasi," tutur Veri.

Senada, Doni Sutomo perwakilan dari pihak Imigrasi Muaraenim mengungkapkan pelayanan imigrasi di Kantor Kesbangpol OKU Selatan bertujuan untuk memudahkan pelayanan pembuatan Paspor bagi masyarakat OKU Selatan.

"Kegiatan pembuatan Paspor seperti hari ini dilaksanakan di OKU Selatan. Jadwalnya satu bulan sekali. Dan kita dari pihak Imigrasi secara terjadwal  datang ke OKU Selatan guna melayani pembuatan paspor,” tuturnya.

Saat ini, jelasnya dari Imigrasi Muaraenim telah ada program Inovasi Si MAMAD dengan cara jemput bola untuk pembuatan Paspor agar masyarakat semakin mudah dan merasa nyaman.

“Hari ini ada 35 orang yang membuat Paspor dan rata rata kegunaannya untuk  Umroh,” jelas Doni. (DK)

Sumber: