Puluhan Ikan Banyak Mati. Diduga Diracun

Puluhan Ikan Banyak Mati. Diduga Diracun

BANDING AGUNG - Diduga akibat diracuni, puluhan ikan banyak mati dan mengapung di Danau Ranau, tepatnya dilokasi Ikon Danau Ranau yang merupakan spot bagi masyarakat atau pengunjung yang hobi memancing.

Atas kondisi ini rumor yang sudah lama beredar mengenai adanya oknum tak bertanggung jawab yang diduga menebar racun disekitar lokasi seakan mulai terbukti. Namun para pemancing enggan untuk menunjukan siapa pelakunya.

"Baru kali ini juga kita mendapatkan bukti banyaknya ikan yang mati dan sudah mengapung,” tutur Sudirman, yang tergabung dalam Komunitas Peduli Wisata Danau Ranau.

BACA JUGA:Jika Ditetapkan Tersangka, Kades Kota Way Bakal di Nonaktif

Selanjutnya kata Sudir, jika kondisi ini memang disebabkan diracuni oleh orang yang tak bertanggung jawab dan hanya mengambil keuntungan pribadi saja, maka sebagai Komunitas Peduli Wisata Danau Ranau pihaknya sangat mengecam dan mengutuk keras hal tersebut.

"Meracun ini sangat disayangkan, karena banyaknya ikan mati yang tidak bisa dikonsumsi. Untuk itu kami meminta dengan pihak terkait untuk menyelidiki siapa pelaku yang tidak terpuji ini," pinta Sudirman.

Dirinya menambahkan, hal ini sangat penting untuk ditindak lanjuti karena merusak dapat Ekosistem Danau Ranau. "Untuk perbuatan ini diduga racun ikan yang digunakan merupakan racun hama yang dicampur dengan makanan ikan, baik Pur, mie instan yang dibuat lunak," terang Sudir.

BACA JUGA:Diskoperindag OKU Selatan Pantau Pasar Kalangan

Sementara itu salah satu Wisatawan, Safri asal Martapura OKU Timur mengaku sangat menyayangkan jika ada orang yang tak bertanggung jawab meracuni ikan di Danau Ranau. Sebab apabila sering dilakukan maka keberadaan ikan di Danau Ranau akan cepat punah. Jadi kasus ini harus ditindak dan jangan sampai berlanjut.

"Sebagai wisatawan, saya tentu menyayangkan jika masih ada orang yang dengan sengaja meracuni ikan di danau ini. Terus terang selain liburan saya juga membawa Joran pancing. Jadi sambil berwisata, saya juga ingin merasakan Strike ikan Mujair Ranau yang didapat," ungkapnya. (ant)

Sumber: