Stop Kasus Gisi Kurang Baik di OKU Selatan

Stop Kasus Gisi Kurang Baik di OKU Selatan

BUANA PEMACA - Berbagai upaya terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan guna menekan terjadinya kasus Stunting atau gisi kurang baik di wilayah  OKU Selatan.

 

Salah satu cara yang dilaksanakan adalah Sosialisasi, Pembinaan serta penyelenggaraan  Posyandu bagi para Remaja melalui dinas terkait sepertihalnya Dinas Kesehatan bekerjasama dengan Organisasi TP- PPK Kabupaten OKU Selatan.

Hal ini seperti yang dilaksanakan pada, Rabu (29/6/2022). Bertempat di ruang aula kantor Kecamatan Buana Pemaca, Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten OKU Selatan melalui Kelompok kerja (Pokja) 4 melaksanakan kegiatan Pembinaan Posyandu Remaja yang dihadiri oleh seluruh Kepala Desa , para pengurus PKK tingkat Kecamatan juga desa termasuk dari petwakilan berbagai organisasi pemuda yang ada di wilayah Kecamatan Buana Pemaca.

Ketua PKK Kecamatan Buana Pemaca, Nelly Aqusta SH., menyebutkan Pembinaan Posyandu Remaja yang dilaksanakan oleh PKK Kabupaten pada hari tersebut merupakan pembinaan terhadap khususnya bagi para kader PKK yang ada di wilayah Kecamatan Buana Pemaca dengan tujuan untuk mencegah terjadinya kasus Stunting khususnya di wilayah Kecamatan setempat.

"Melalui kegiatan Pembinaan Posyandu Remaja yang dilaksanakan dari tim Pokja 4 TP-PKK Kabupaten hari ini, kasus Stunting di wilayah Kecamatan Buana Pemaca bisa dicegah. Selain itu diharapkan juga dapat menambah pemahaman dan ilmu pengetahuan bagi para kader atau pengurus PKK Kecamatan dan desa tentang pentingnya Posyandu Remaja,” ujarnya.

Posyandu remaja, terangnya, merupakan termasuk langkah penting agar kasus stunting bisa ditekan bahkan dicegah melalui sosialisasi yang dilaksanakan oleh para kader PKK kecamatan dan desa kepada para remaja. Seperti melakukan pemeriksaan kesehatan terutama sebelum menikah. Selain itu melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan gisi kepada Balita melalui kegiatan Posyandu Balita serta pemeriksaan kesehatan terhadap Ibu Hamil.

Devi Ansori, Camat Kecamatan Buana Pemaca, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan pembinaan Posyandu remaja yang dilaksanakan oleh TP-PKK Kabupaten dan dari Kecamatan.

Dengan adanya Pembinaan Posyandu remaja seperti hari ini, jelasnya, Kabupaten OKU Selatan akan bebas kasus stunting.

"Terima kasih saya sampaikan kepada rombongan dari TP- PKK Kabupaten serta dari Badan KBBP atas kunjungannya di Kecamatan Buana Pemaca dalam rangka Pembinaan Posyandu Remaja dan semoga Kabupaten OKU Selatan, Stunting bisa kita cegah bersama ," ucapnya.

Turut hadir dalam acara Pembinaan Posyandu Remaja di kecamatan Buana Pemaca tersebut seluruh jajaran Pegawai Kantor Kecamatan, perwakilan dari Badan Kantor KBBP dan Puskesmas Buana Pemaca. (DK)

Sumber: