Hendri Gunawan Tinjau Tepian Sungai Komering Desa Lubar

 Hendri Gunawan Tinjau Tepian Sungai Komering Desa Lubar

SIMPANG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan dari Daerah pemilihan (Dapil) II, Hendri Gunawan, meninjau lokasi tepian Sungai Komering di depan Rumah Makan Kebumen, Desa Lubar Kecamatan Simpang, yang rentan  terjadi longsor akibat abrasi sungai yang meluap, Jum'at (1/7/2022).

 

Selain disekitar lokasi tepian Sungai Komering yang ditinjau terdapat akses jalan utama milik Provinsi Sumatera Selatan, juga cukup banyak warung-warung usaha yang berdiri milik warga Desa setempat Kunjungan anggota DPRD OKU Selatan, Hendri Gunawan, ini guna ingin melihat langsung kondisi tepian sungai Komering terutama  di depan RM Kebumen Desa Lubar yang saat ini terus mengalami penggerusan ketika aliran sungai meluap atau pasang terjadi. Terlebih hal itu mengakibatkan ada beberapa bangunan milik warga dilokasi yang mengalami retak bahkan ambruk saat terjadi luapan air sungai.

Dalam kunjungannya ini, Hendri Gunawan menyebutkan akan ikut memperjuangkan supaya tepian sungai Komering yang ada disekitar depan RM Kebumen Lubar saat ini bisa dibangun talud atau di bronjong kedepannya oleh Pemerintah Daerah. Harapannya agar akses jalan Provinsi dan bangunan milik para warga lebih aman dari bahaya abrasi serta warga merasa lebih nyaman tidak was-was saat turun hujan atau saat air sungai meluap  yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

"Saya Ingin melihat langsung keadaan tepian sungai Komering yang ada di wilayah desa Lubar saat ini, yang menjadi harapan warga agar dibangun pengaman dari ancaman lomgsor akibat abrasi sungai,” tutur Hendri Gunawan saat dibincangi oleh Wartawan media ini ketika menijau lokasi.

.Bersama Pemerintah desa, ungkap Hendri Gunawan, dirinya akan ikut memperjuangkan agardi bangun talud atau bronjong lanjutan ke bagian arah ulu kedepan supaya akses jalan Propinsi lebih aman dan warga pemilik bangunan lebih merasa tenang tidak selalu was-was terutama saat air sungai meluap.

Dikatakan Hendri, sebagian tepian sungai yang ada di Desa Lubar tahun Lalu telah dibangun Bronjong oleh Pemerintah daerah.

"Kedepannya kita akan kembali perjuangkan untuk adanya pembangunan bronjong lanjutan ke arah tepian  ulu sungai diwilayah desa ini agar lebih aman dari bahaya ancaman abrasi sungai," jelasnya.

Sementara itu terkait hal ini beberapa warga yang ada disekitar tepian sunga Komering RM Kebumen Desa Lubar mengucapkan terima kasih mereka atas kedatangan Anggota DPRD OKU Selatan, Hendri Gunawan di hari tersebut.

"Semoga bapak dewan Hendri bisa ikut memperjuangkan pembangunan talud atau bronjong agar warga merasa lebih aman,” ujar Anto salah satu warga. (DK)

Sumber: