Lestarikan Seni Lokal, Batin Muda Latihan Rudat

Lestarikan Seni Lokal, Batin Muda Latihan Rudat

MUARADUA - Guna menjaga sekaligus melestarikan budaya musik lokal yakni Seni Rudat agar tak sirna ditelan perkembangan zaman, para Batin Muda Desa Mehanggin, Kecamatan Muaradua, Kabupaten OKU Selatan terus melakukan latihan sekaligus merekrut anggota baru.

Dulah, salah satu anggota rudat Desa Mehanggin, mengungkapkan bahwa Kesenian yang ada disuku Daya hususnya di Desa Mehanggin ini salah satunya adalah Kesenian Rudat.

“Kesenian Rukdat ini menurut cerita dari orang-orang tua kami memang telah ada sejak puluhan tahun yang silam. Untuk itu, kami selaku penerus senantiasa menjaga agar kesenian Rudat ini tidak hilang oleh kemajuan zaman," ungkapnya, Ahad (3/7).

Untuk itu, lanjutnya, setiap malam Ahad pihaknya mengadakan latihan sekaligus merekrut anggota yang baru dari kalangan kaula muda.

"Kalau pelatihnya kami mempercayai Bapak Marwani dan Bapak Tarsiban selaku pelatih setiap kami latihan," terangnya.

Sementara itu, Cik Han, Kepala Desa Mehanggin menanggapi selaku Kepala Desa Mehanggin dirinya sangat mendukung atas apa yang menjadi inisiatip para bapak-bapak untuk mengadakan latihan dan perekrutan anggota rudat yang baru.

“Karena menurut saya jika Kesenian ini tidak dilestarikan maka saya yakin kesenian ini akan sirna ditelan kemajuan zaman," ucapnya.

Ia menambahkan, Marwani dan rekannya Tarsiban ini mereka adalah salah satu pencinta Seni Rudat di Desa Mehanggin.

"Yang pastinya, selama kegiatan ini mengandung makna positif atau memberikan kebaikan kita sangat mendukung," tandasnya. (dal)

Sumber: