Dinas Peternakan OKU Selatan Capai Target Vaksin Hewan

Dinas Peternakan OKU Selatan Capai Target Vaksin Hewan

MUARADUA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Perikanan dan Peternakan capai target vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) Tahun 2022 pada hewan ternak Sapi.

Untuk diwilayah Kabupaten OKU Selatan sendiri ditargetkan sebanyak 500 ekor sapi harus divaksin. Hingga akhir pelaksanaan Dinas Perikanan dan Peternakan sudah berhasil masksin sebanyak 500 ekor sapi.
 
Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Parida Ariani, SP., M.M, saat dibincangi, Selasa (12/7).
 
Dikatakannya, untuk pelaksanaan Launching kick off Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tersebut berlangsung diwilayaah Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT).
 
"Untuk kegiatan vaksin hewan ini sendiri pada dasarnya sama dengan vaksin Covid, karena pelaksanaan vaksin ini harus mencapai 3 kali yakni vaksin pertama, kemudian tahap ke 2, harus menunggu 2 bulan setelah vaksin pertama, selanjutnya tahap ke 3 menunggu 6 Bulan setelah vaksin ke 3," ujarnya.
 
Dikatakannya, bagi hewan yang mengalami sakit maka harus di isolasi selama 4 Hari, jika tidak akan menular. Karena selama isolasi hewan itu sendiri harus mendapatkan perawatan lebih diantaranya makan harus disiapkan bubur.
 
"Bagi hewan yang sakit juga harus mendapatkan perobatan melalui suntik, kalau tidak disuntik maka akan mengalami kelumpuhan," terangnya.
 
Untuk vaksinasi tahap 2 dan 3 ini nantinya, lanjutnya, Dinas Perikanan masih menunggu obat dari Pemerintah Pusat, karena untuk obat sendiri Pemerintah Pusat yang menyediakan.
 
"Yang pastinya, pelaksanaan vaksin ini sesuai dengan petunjuk dari Pemerintah Pusat. Untuk OKU Selatan sudah mencapai target yang diberikan oleh Pemerintah Pusat," tandasnya. (dal)

Sumber: