SMPN 1 Muaradua Tingkatkan Minat Baca Anak Didik

SMPN 1 Muaradua Tingkatkan Minat Baca Anak Didik

MUARADUA – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Muaradua, OKU Selatan saat ini menyediakan taman baca untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca. Hal ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi siswa dalam membaca buku yang telah disediakan.

            Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMP N-1) Muaradua, Noni Apriani, S. Pd, Ahad (24/7). Dirinya menyebutkan pihak managemen SMPN 1 Muaradua menilai bahwa buku adalah jendela dunia bagi murid-murid untuk mengetahui ilmu pengetahuan dan semua isi dunia bahkan melalui buku juga murid-murid dapat memahami dunia akhirat kelak.

Dengan begitu, ucapnya, untuk di SMPN 1 saat ini berbagai jenis buku bacaan telah tersedia di Perpustakaan sekolah, namun sering kali perpustakaan tidak dapat menampung semua murid untuk membaca buku di dalam ruang perpustakaan.

“SMPN 01 Muaradua telah mencetuskan salah satu terobosan melalui program sekolah bagian sarana prasarana yakni membuat halaman sekolah menjadi lebih bermanfaat dengan dibangunnya taman-taman baca dengan tempat-tempat duduk yang nyaman,” tuturnya.

            Dengan begitu jelasnya, murid-murid dapat membaca buku baik buku fiksi maupun buku nonfiksi di taman-taman baca sekolah. Selain itu murid-murid juga dapat memanfaatkan waktu non jam kegiatan belajar mengajar dan jam istirahat untuk membaca berbagai jenis buku yang disukai murid.

Menurutnya untuk buku-buku bacaan, selain tersedia di perpustakaan sekolah, juga tersedia di pojok-pojok baca di setiap kelas sehingga murid-murid dapat membaca buku di kelasnya masing-masing maupun di taman-taman sekolah.

Ia menambahkan, melalui program gerakan literasi sekolah, pihaknya selalu mengevaluasi setiap kegiatan literasi murid-murid. Mulai dari terus menata taman menjadi tempat baca, pengadaan buku bacaan, jurnal literasi harian dan mingguan, serta lomba-lomba literasi sekolah.

“Dengan demikian, diharapkan murid-murid SMPN 01 Muaradua melalui gerakan literasi sekolah dapat menjadi murid-murid yang memiliki profil pelajar Pancasila yang Merdeka sehingga dapat membanggakan," harapnya. (dal)

Sumber: