Blokir Steam, DOTA, Yahoo dan CS:Go Sudah Dibuka

Blokir Steam, DOTA, Yahoo dan CS:Go Sudah Dibuka

Ilustrasi: Layanan distribusi game, Steam. (Earth Web)--

Harianokus.com, Netizen sempat murka lantaran platform distribusi game Steam diblokir Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pemblokiran terpaksa dilakukan karena Steam sebagai penyedia layanan digital atau Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) tak juga melakukan pendaftaran PSE Lingkup Privat sampai batas akhir pada Jumat (29/7) pekan lalu.

Selain Steam, game DOTA dan CS: Go juga kena blokir. Hal ini semakin membuat netizen naik pitam dengan Kementerian yang dipimpin oleh Politisi Partai Nasdem Johnny G.Plate itu. Protes pun dilakukan sampai-sampai di media sosial muncul tagar dan aksi #BlokirKominfo.

Namun hari ini, Selasa (2/8), Kemenkominfo memastikan kalau layanan Steam, DOTA, Yahoo dan CS:Go telah dilakukan normalisasi. Singkatnya, keempat PSE tersebut sudah dibuka blokirnya dan kembali bisa digunakan.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Semuel Abrijani Pangerapan, menyampaikan, Kementerian Kominfo telah berhasil berkomunikasi dengan pengelola Yahoo dan Valve Corp (Steam, CS: GO, dan DOTA).

“Akses terhadap keempat Sistem Elektronik tersebut telah dilakukan normalisasi sejak pukul 08.30 WIB hari ini. Pengguna secara bertahap mulai dapat mengakses layanan keempat PSE tersebut,” ujarnya melalui keterangannya.

Kementerian Kominfo juga telah berhasil berkomunikasi dengan pihak Paypal. Pihak Paypal telah menyampaikan komitmen untuk melakukan pendaftaran dalam waktu dekat. Kami optimis Paypal akan segera melakukan pendaftaran dalam waktu dekat.

Sumber: