Polsek Simpang Mantabkan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera

Polsek Simpang Mantabkan Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera

Foto: Pelatihan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Mapolsek Simpang yang dipimpin langsung Kapolsek Simpang, AKP Azwan SH, MH, Kamis (04/8/2022).--

SIMPANG – Dalam rangka persiapan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-77 Tahun, pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Simpang mulai memantabkan pelatihan bagi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka dengan tugas utamanya untuk mengibarkan dan menurunkan Bendera Pusaka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ini digembleng mulai dari hari ini, Kamis (04/8/2022).

Kepala Kepolisian Resor (Kapolsek) Simpang, AKP Azwan SH, MH menyebutkan pelatihan pasukan Paskibraka ini dilaksanakan oleh Polsek Simpang agar dalam pelaksanaan pengibaran Bendera Pusaka pada saat upacara HUT RI ke-77 nanti dapat berjalan dengan sukses.

“Ada dua Pasukan yang kita berikan pelatihan yakni Paskibraka Kecamatan Simpang dan Paskibraka Kecamatan Buana Pemaca,” ungkap Kapolsek Simpang, AKP Azwan SH, MH, kepada harianokus.com, Kamis (04/8/2022).

Dikatakannya untuk pelatihan Paskibraka ini sendiri dilaksanakan di Markas Kepolisian Resor (Mapolsek) dan di ikuti oleh sekitar 79 orang pelajar setingkat SMA yang berasal dari wilayah Kecamatan Simpang dan Kecamatan Buana Pemaca.

Kapolsek menambahkan, adapun materi awal pada hari pertama yang diberikan dalam pelatihan ini berupa kedisiplinan anggota, yang bertujuan untuk meningkatkan rasa nasionalisme para anggota Paskibraka. Lalu dilanjutkan dengan materi peraturan dasar baris berbaris untuk menciptakan kekompakan gerak antar sesama anggota Paskibraka.

“Menjadi petugas Paskibraka merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri. Untuk itu, ditekankan kepada para Paskibraka agar melaksanakan latihan dengan sungguh-sungguh dan hasil dari latihan ini akan membentuk karater mental dan kepribadian,” ungkapnya.

Dirinya berharap dengan adanya pelatihan Paskibraka ini, moment pengibaran Bendera Sang Saka Merah Putih pada HUT RI ke-77 di kecamatan Simpang dan Kecamatan Buana Pemaca nanti dapat benar-benar berjalan dengan lancar seperti yang diharapkan. (res)

Sumber: