Camat Sindang Danau Ajak Warga Gotong Royong

Camat Sindang Danau Ajak Warga Gotong Royong

Gotong royong pembersihan semak belukar yang Pemerintah Kecamatan Sindang Danau, Pemerintah Desa, Pemuda Karang Taruna dan Komunitas EcoTourism Youth Community Desa Ulu Danau. (Foto: Herianto/harianokus.com)--

SINDANG DANAU - Camat Kecamatan Sindang Danau mengajak Pemerintah Desa, Pemuda Karang Taruna dan Komunitas EcoTourism Youth Community Desa Ulu Danau untuk gotong royong membersihkan semak belukar di kiri kanan jalan menuju desa Ulu Danau yang telah menyempit jalan lintas desa tersebut.

Camat Sindang Danau, Noptahlimi, S.P, menyebutkan giat yang dilakukan bersama Perangkat Desa, Pemuda Karang Taruna dan Komunitas EcoTourism Youth Community Desa Ulu Danau gotong membersihkan semak belukar yang ada di sisi jalan menuju Desa Ulu Danau dilakukan sebab semak belukar tersebut sudah mengganggu jarak pandang dan jalan menjadi sempit.

"Kita Pemerintah Kecamatan, Desa, Pemuda Karang Taruna dan Komunitas EcoTourism Youth Community Desa Ulu Danau yang selalu aktif dari segi kegiatan sosial. Seperti yang kita lakukan hari ini membersihkan semak belukar yang mengganggu jarak pandang dan jalan menjadi sempit," ujar Camat, Rabu (04/8/2022).

Selanjutnya kata Camat, sejak zaman leluhur dahulu gotong royong ini merupakan salah satu budaya masyarakat desa, dan seiring berjalannya waktu budaya ini hampir luntur. Dari itu untuk kesejahteraan masyarakat, bahkan untuk mencintai lingkungan mulai digerakkan lagi budaya gotong royong ini.

"Salah satu upaya yang kita lakukan selaku Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, warga Pemuda Karang Taruna dan Komunitas EcoTourism Youth Community Desa Ulu Danau menumbuhkan kembali semangat gotong royong dan mengajak semua pihak untuk selalu berpartisipasi dalam setiap kegiatan. Cara ini harus kita pertahankan, selain itu juga tumbuh ikatan silaturahmi antar sesama," jelas Camat.

Menurut Camat, gotong royong ini dapat menjadikan masyarakat lebih berdaya dan sejahtera, karena dengan gotong royong berbagai permasalahan kehidupan bersama bisa terpecahkan secara mudah dan murah, demikian halnya dengan kegiatan pembangunan.

Selanjutnya kata Camat, semangat bergotong royong Desa Ulu Danau masih terjaga dalam setiap kegiatan yang dilakukan di desa. Salah satu bukti nyata hal tersebut terlihat ketika Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Pemuda Karang Taruna dan Komunitas EcoTourism Youth Community Desa Ulu Danau dengan kompak melakukan kerja bakti.

"Kita bersama-sama membersihkan semak belukar ini. Kita sangat bangga dan sangat merespon positif apa yang kita lakukan hari ini bahu membahu membersihkan lingkungan desa. Semoga kedepannya budaya gotong royong ini terus tertanam dan terus berjalan dengan baik," harap Camat Sindang Danau.

Sementara itu Rahman selaku Pemuda Desa Ulu Danau, mengungkapkan sangat mengapresiasi dengan masih tertanamnya semangat gotong royong yang masih dimiliki warga masyarakat Desa Ulu Danau khususnya. Mungkin budaya ini sudah hampir luntur dan berharap agar budaya bergotong royong ini terus dijaga dan dilestarikan kembali.

"saya sebagai pemuda sangat bangga dan bersyukur karena bersama-sama memiliki semangat bergotong royong yang tinggi. Hal ini harus kita jaga dan kita lestarikan untuk kemajuan Desa dan menjadi salah satu identitas masyarakat desa. Harapan kita semoga kedepannya gotong royong ini terus tertanam dan terus dilestarikan," tutur Rahman. (ant)

Sumber: