Siswa MTsN 1 Peringati Tahun Baru Islam Dengan Khusu’

Siswa MTsN 1 Peringati Tahun Baru Islam Dengan Khusu’

Pelaksanaan peringatan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijriah yang digelar Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 OKU Selatan, Jumat (05/8/2022).--

MUARADUA - Siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 OKU Selatan, kemarin memperingati Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 Hijariah dengan khusuk.

Dalam pelaksanaan memperingati Tahun Baru Islam itu sendiri, siswa-siswi MTs mengundang Ketua Umum Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Kabupaten OKU Selatan, Ustad Jamaludin Malik S.Pd.I sebagai penceramah, Jumat (05/8/2022).

Kegiatan ini berlangsung khidmat dan sederhana yang diawali dengan penampilan tim marawis “Gema Suara Madrasah” yang menyanyikan lagu sholawat Assalamualaika Ya Rasulullah dan Ahmad Ya Habibi.

Setelah penampilan tim sholawat, Kegiatan  yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran oleh M. Firdaus Al-Fajri dan dihadiri oleh seluruh Siswa – Siswi MTsN 1 OKUS, seluruh guru dan pegawai.

Ustad Jamaludin Malik dalam tausiahnya dihadapan 868 siswa menjelaskan sejarah tahun baru hijriah dan perjuangan nabi dalam menyiarkan agama islam, Pentingnya ukhwah Islamiah, bahaya penggunaan teknologi  yang salah.

Ia berpendapat bahwa selama kita berdoa, memperkuat iman, dan mencoba berusaha, maka hasil yang kita dapat merupakan takdir.

“Contohnya adalah kisah Abdurrahman bin Sohroh yang kelak kita kenal sebagai Abu Hurairah. Dia adalah pribadi yang beriman dan bertaqwa meskipun hidup dalam kemiskinan,” ucapnya.

Kemudian Ustad Jamal menjelaskan keutamaan bulan Muharam. Muharam adalah bulan istimewa. Allah ciptakan Lauhul Mahfudz, Allah turunkan hujan ke bumi sebagai rahmah, dan Allah ampuni segala dosa-dosa para nabi.

Dikatakannya tahun baru hijriyah maupun masehi keduanya sangat penting. Ketika ada tahun baru, sebaiknya semua pihaknya memikirkan bahwa umur bertambah tetapi jatah hidup berkurang.

“Sisa kehidupan ini harus diisi dengan sebaik-baiknya sesuai dengan perintah Allah dan sabda Rasulullah. Mari kita gunakan sisa umur hidup kita supaya bermanfaat bagi siapa saja dan di mana saja,” pungkasnya. (dal)

Sumber: