Sekretaris PKK Desa Dilatih Soal Administrasi

   Sekretaris PKK Desa Dilatih Soal Administrasi

Foto: Pelatihan Administrasi PKK dan Dasawisma TP PKK Kabupaten OKU Selatan Tahun 2022, di Aula Pemkab OKU Selatan, Selasa (09/08/2022).--

MUARADUA - Ketua Tim Penggerak  Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP- PKK)  Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Isyana Lonitasari Popo Ali, membuka secara langsung kegiatan Pelatihan Administrasi PKK dan Dasawisma TP PKK Kabupaten OKU Selatan Tahun 2022, di Aula Pemkab OKU Selatan, Selasa (09/08/2022).

Dalam laporannya Ketua Panitia Kegiatan Aryanti Okvitasari, menyampaikan latar belakang Pelatihan Administrasi PKK adalah sistem pengelolaan yang berhubungan dengan dilakukan secara kelembagaan PKK beserta dokumentasinya di setiap jenjang yang meliputi pencatatan, pendataan, pelaporan dan pengarsipan yang manual maupun menggunakan Teknologi Informasi (TI).

Sedangkan Dasawisma merupakan kelompok yang terdiri dari 10-20 KK di dalam satu RT/Dusun/Lingkungan yang diketuai oleh seorang Ketua Kelompok yang dipilih diantara 10-20 kepala keluarga tersebut, untuk membantu Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan yang bersangkutan dalam melaksanakan program PKK dilingkungannya.

Adapun maksud dan tujuan diadakan Kegiatan Pelatihan Administrasi PKK Dan Dasawisma adalah meningkatkan Cakupan Pelaksanaan Program Dan Kelembagaan Gerakan PKK, Melalui Kegiatan pelatihan Administrasi PKK Dan Dasawisma.Meningkatkan kemampuan dan Pengetahuan seorang Kader tentang Administrasi PKK dan Dasawisma.

Landasan Kegiatan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 Tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga.

Peserta pelatihan yang di undang untuk mengikuti kegiatan pelatihan ini adalah Sekretaris TP PKK Kecamatan Se-Kabupaten OKU Selatan Berjumlah 19 orang, Sekretaris TP PKK Desa Se Kabupaten OKUS berjumlah 252 orang dan Sekretaris TP PKK Kelurahan Se- OKU Selatan sebanyak 7 orang Jumlah seluruh peserta 278 orang, serta Pelatih dan Fasilitator yang memberikan materi pada pelatihan ini adalah Narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Dalam Sambutan Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan Ny. Isyana Lonitasari Popo Ali, selain menyampaikan ucapan Selamat datang bagi peserta pelatihan, Pelatihan yang dilaksanakan di hari tersebut sangat penting bagi semua.

“Harapan kita setelah mengikuti Pelatihan Adimistrasi PKK Dan Dasawisma ini, diharapkan para peserta nantinya dapat menjadi fasilitator bagi diri mereka sendiri maupun orang lain. Untuk saling mengingatkan pentingnya pengetahuan tentang Administrasi PKK Dan Dasawisma," jelasnya

Isyana Lonitasari Popo juga menuturkan adapun untuk agenda kegiatan Kunjungan dan Penilaian Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Selatan Hj. Febrita Lustia Herman Deru, dalam Lomba 10 Program Pokok PKK di OKU Selatan direncanakan pada tanggal 24 Agustus mendatang. Selanjutnya TP PKK Kabupaten OKU Selatan juga akan melaksanakan lomba B2SA.

”Saya harapkan kepada semua pengurus TP PKK Se- Kabupaten OKU Selatan agar terus belajar tentang Administrasi, jadi semua Kegiatan PKK harus terdokumen dengan baik, sehingga waktu penilaian dari Provinsi semua Admistrasi kita sudah baik," ujar Isyana. (DK)

Sumber: