Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luncurkan Program Silang Layan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Luncurkan Program Silang Layan

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Selatan saat bersilaturahmi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka memberikan pelayanan program “Silang Layan”. --

MUARADUA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten OKU Selatan bersilaturahmi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam rangka memberikan pelayanan program “Silang Layan”.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten OKU Selatan, Juproni, S,Pd,M.Si, mengungkapkan, silaturahmi ini dalam rangka memberikan pelayanan program “Silang layan” perpustakaan. Dinas Dukcapil ini merupakan dinas yang pertama (perdana) memberikan pelayanan dan menyediakan tempat Pojok Baca.

“Sebelumnya kita sudah melaksanakan pada awal tahun yakni memberikan pelayanan di Lapas kelas II B Muaradua dan hari ini kami langsung mendatangi Dinas Dukcapil. Sebelumnya kami sudah berkoordinasi tentang program Silang Layan ini untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat minat baca dan kami sudah memberikan buku,” terang Juproni.

Dikatakannya, ini juga menjadi inovasi dan terobosan bagi Dinas Perpustakaan karena selama ini belum pernah mengadakan seperti Silang Layan ini. Harapannya juga agar ini dapat di ikuti oleh OPD-OPD lainnya, yakni memberikan pelayanan pojok baca yang sudah di programkan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Pelayanan progam Silang Layan ini selain Dinas, Sekolah juga sudah kita berikan pelayanan ini seperti MAN Muaradua, SMAN I Muaradua dan juga nantinya organisasi Karang Taruna di Desa Gemiung di Danau Kasmaran sudah siap tempat pojok bacanya. Semoga nantinya pelayanan yang kita gagas ini dapat memberikan pelayanan bagi masyarakat sehingga minat bacanya meningkat,” ucapnya.

Selanjutnya, Juproni, mengajak mari bersama-sama untuk mencerdaskan anak bangsa dan mendorong mengembangkan program pelayanan Silang Layan ini. Karena dalam dua tahun kemarin ada pendemi, banyak sekali anak yang sekolah tidak kenal dengan guru, lalu apakah tidak menimbulkan persoalan kedepan, pasti menimbulkan persoalan kedepannya.

“Adanya layanan program ini mudah-mudahan paling tidak kita dapat membantu menambah ilmu wawasan dengan masyarakat. Disamping itu juga dengan adanya masyarakat swring membaca, itu bisa menghasilkan barang dan jasa dan manfaat bagi keluarga dan masyarakat sehingga tercapai slogan bahwa literasi adalah kesejahteraan untuk semua,” pungkas Juproni.

Sementara itu Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil OKU Selatan, Alfian Andriyanto,S.Sos,.M.Si, mengucapkan terimaksih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yang telah memberikan pelayanan program “Silang Layan”. Dimana Dinas Dukcapil adalah perangkat daerah pertama yang mengadakan pojok baca.

Selain itu, dirinya juga berterimakasih karena sudah menssuport bahan-bahan bacaan. Hal ini juga sesuai dengan arahan Pimpinan yakni Bupati OKU Selatan bahwa pihaknya harus meningkatkan pelayanan.

“Sehingga dalam suatu standar pelayanan bagaimana memberikan pelayanan yang nyaman, ramah agar memberikan yang sifatnya edukasi. Inilah salah satunya yang kita kembangkan, khususnya pada saat dinas ini melakukan pelayanan publik juga ada proses standar, salah satunya adalah pojok baca. Sama dengan slogan tadi buku adalah jendela dunia, jadi jangan alergi terhadap buku, sambil ngantri pelayanan bisa sambil membaca,” terangnya.

Dikatakannya, Insha Allah kedepan pihaknya akan berbenah diri. Selain ada pojok baca, pihaknya juga sudah menyediakan tempat atau ruang anak, ruang laptasi ataupun pelayanan yang lebih manusiawi. Jadi bisa dilihat sekarang disini sudah ada perubahan dari sebelumnya.

“Jadi inilah yang diharapkan pimpinan kami Pak Bupati, Wakil Bupati  dan Pak Sekda. Yakni selalu memberikan motivasi dan kami harus berkreasi dengan Perangkat Daerah memberikan inovasi, memberikan hal-hal yang terbaik untuk masyarakat. Salah satunya inilah kerjasama kami antara Dinas Perpustakaan dan Dinas Dukcapil,” pungkasnya. (ant)

Sumber: