Jelang Kompetisi Sains, Siswa Ikuti Simulasi

Jelang Kompetisi Sains, Siswa Ikuti Simulasi

Pelajar MTs Negeri 1 OKU Selatan saat mengikuti simulasi Kompetisi Sains Madrasah (KSM).--

MUARADUA - Dalam rangka menghadapi tahapan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten, Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 OKU Selatan telah mempersiapkan para siswa peserta kompetisi secara fisik dan mental untuk mengikuti KSM tahun 2022.

Salah satunya, dalam persiapan itu siswa diikutkan untuk melaksanakan simulasi KSM agar persiapan lebih matang.

Diketahui, KSM ini sendiri dilaksanakan dengan tujuan menyediakan wahana bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains.

Hal itu, sebagaimana yang disampaikan oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 OKU Selatan, Yusuf Yahya Rosidin, S. Pd, saat dikonfirmasi, Minggu (14/8).

Dikatakannya, KSM juga bertujuan untuk memotivasi siswa Madrasah agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama.

"Adapun mata pelajaran yang dikompetisikan dalam KSM ini yakni Matematika terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi dan IPS terpadu terintegrasi," terangnya.

Ketiga mata pelajaran tersebut, jelasnya, merupakan mata pelajaran yang terintegrasi, baik terintegrasi dalam bahasa asing, maupun terintegrasi dalam ayat Al Qur'an. Ini tentunya menjadi tantangan bagi peserta untuk mengetahui tingkat pemahamannya tentang ilmu yang diperolehnya selama ini.

Adapun enam siswa MTsN 1 OKU Selatan yang sudah terdaftar dan ikut simulasi ini yaitu Fachira, Bubin Lantang untuk Bidang Matematika Terintegrasi, Qonitah Saniyah dan Kayleen Lakeisha Wibowo mewakili Bidang Sains ilmu pengetahuan Alam (IPA) terintegrasi, M. Adli, AlFatieh mewakili Bidang Ilmu Pengetahuan sosial terintegrasi.

Ia menambahkan, bahwa simulasi yang dilaksanakan ini bertujuan untuk memantapkan persiapan KSM yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022.

“Hari ini kita adakan simulasi agar peserta KSM siap saat pelaksanaan lomba Minggu besok. Dengan persiapan yang mantap, diharapkan pelaksanaan KSM dapat berjalan dengan lancar,” terangnya.

Proktor Rizkki selaku penanggungjawab laboratorium. Komputer, menyampaikan alur dari kegiatan simulasi tersebut.

“Simulasi KSM 2022 ini pada intinya untuk memastikan akun siswa bisa digunakan dan dapat login serta siswa berlatih mengerjakan soal KSM. Kegiatan ini penting agar setiap kendala dapat kita antisipasi sejak awal," jelasnya. (dal)

Sumber: