Regu Pramuka SMPN 01 Sindang Danau Tampil Memukau

Regu Pramuka SMPN 01 Sindang Danau Tampil Memukau

Foto: Regu Pramuka SMPN 01 Sindang Danau, saat mengikuti lomba Gerak jalan Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 61 Tahun 2022, Sabtu (14/8/2022).--

MUARADUA - Lomba Gerak Jalan Pramuka dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun  (HUT) Pramuka ke 61 Tahun 2022 tingkat Kabupaten OKU Selatan yang berlangsung Sabtu (14/8/2022) di Kota Muaradua tepatnya di depan rumah Dinas Wakil Bupati Kabupaten OKU Selatan berlangsung sangat meriah.

Sebanyak 145 Regu Pramuka yang terdiri dari Regu Penggalang dan Penggerak  dari berbagai sekolah Tingkat SD/ MI , SMP/ MTS dan SMA/ SMK Sederajat se Kabupaten OKU Selatan, berpartisipasi dalam acara lomba gerak Jalan HUT Pramuka tingkat Kabupaten OKU Selatan tersebut.

Kegiatan lomba gerak jalan Pramuka ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati sekaligus Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Kabupaten OKU Selatan, Sholehien Abuasir S.P., M.Si.

Dibincangi Media harianokus.com, Wakil Bupati OKU Selatan, Sholehien Abuasir, didampingi Ketua Panitia pelaksana lomba gerak jalan, Samsuri, menyebutkan peserta lomba gerak jalan Pramuka yang berlangsung di ikuti oleh sebanyak 145 regu Pramuka yang terdiri dari Penggalang dan Penggerak yang berasal dari berbagai Gudep atau Sekolah yang ada di Kabupaten setempat dalam rangka memperingati Harlah Gerakan Pramuka yang pada Tahun ini telah berusia 61 Tahun.

Disampaikan oleh Ketua panitia acara, adapun yang menjadi bahan penilaian khususnya bagi peserta tingkat SMP/ MTS Sederajat dalam lomba gerak jalan tersebut meliputi Penilaian Baris Berbaris atau PBB, ketepatan gerak peserta atau dari setiap regu, kekompakan, kerapian serta ketegasan pemimpin regu serta atraksi yang dari para peserta regu saat di depan panggung utama kegiatan seperti lagu yel yel oleh peserta.

"Untuk para juri dewan penilaian lomba gerak jalan berasal dari tiga unsur yaitu dari TNI, Polri serta Kwartir Cabang Kabupaten," ujar Samsuri.

Regu Gerak Jalan Pramuka SMPN 01 Kecamatan Sindang Danau, merupakan diantara peserta yang ikut ambil bagian atau berpartisipasi dalam lomba gerak jalan Pramuka tingkat Kabupaten OKU Selatan.

Menenpuh jarak perjalanan cukup jauh dari Kecamatan Sindang Danau, Perjuangan  Regu Gerak Jalan Pramuka SMPN 01 Sindang Danau hingga sampai di ibukota Kabupaten semangat tim ini perlu di apresisi dan di acungi jempol karena terbilang tidak mudah karena tim ini berangkatnya saat dini hari.

Tim ini berangkat menggunakan kendaraan mobil rental dan sempat tertahan dilokasi longsor di Desa Tanjung Kari selama berjam jam lamanya karena di desa Tanjung Kari terjadi tanah longsor.

Tim regu SMPN 01 Sindang Danau baru bisa tiba di Ibu Kota Kabupaten siang harinya sekitar 12 WIB.

Meski harus menjadi menjadi peserta terakhir yang tampil, namun tidak mematahkan semangat dari seluruh anggota regu baik itu regu putra atau putri gerak jalan Pramuka  dari SMPN 01 Sindang Danau tampil di depan panggung utama.

Kelompok regu ini tetap terlihat memukau dan penuh semangat saat tampil di depan wakil Bupati dan beberapa kepala OPD yang hadir serta juri yang menilai serta ribuan penonton yang datang ke lokasi guna menyaksaksikan lomba gerak jalan pramuka.

Havisa dan Iktiar, dua orang guru pembimbing dari regu SMPN 01 Sindang Danau saat dibincangi menuturkan ikut sertanya tim regu pramuka dari SMPN 01 Sindang Danau di tingkat Kabupaten pada hari ini selain untuk menjalin silaturami juga  menambah pengalaman serta wawasan bagi para siswa didik mereka.

"Tim kami berangkat subuh tadi dan saat di desa Tanjung Kari karena ada tanah longsor sempat jadi tertahan beberapa jam dan tiba di Kota Muaradua sekitar jam 12 siang tadi," ucap Hevisa Guru Pembimbing SMPN 01 Sindang Danau.

Diceritakannya pada tahun ini pihak sekolah SMPN 01 Sindang Danau baru berupaya untuk menghidupkan serta mengaktifkan kembali untuk kegiatan gerakan pramuka yang ada di sekolah setempat, sebab beberapa tahun ini keaktifan gerakan pramuka di sekolah sempat mengalami vakum untuk kegiatan keparamukaan.

"Dengan Ikut Lomba Gerak Jalan Pramuka tingkat Kabupaten, semoga akan menambah wawasan dan ilmu bagi seluruh siswa anggota regu, juga bagi kami para pembimbing. Tentunya hasil hari ini harapan kami jika bisa dapat tim kami  juara kak," harap Hevisa. (DK)

Sumber: