Kondisi Atap Gedung SDN 02 Buay Pemaca Bikin Miris

Kondisi Atap Gedung SDN 02 Buay Pemaca Bikin Miris

Foto: Kondisi atap gedung bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan yang cukup memprihatinkan.--

BUAY PEMACA - Kondisi yang bikin miris saat ini sering kali masih terlihat di dunia pendidikan Kabupaten OKU Selatan. Pasalnya masih banyak gedung dan bangunan sekolah yang tampak memprihatinkan.

 

Salah satunya seperti yang dialami gedung bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Kecamatan Buay Pemaca Kabupaten OKU Selatan.

 

Bagaimana tidak, SDN yang terletak di Desa Sumber Raya, Kecamatan Buay Pemaca ini selain hampir semua Ruang Kegiatan Belajar (RKB) para siswa di sekolah ini atap plafonnya mengalami jebol, baik plafon dalam ruangan, diluar dan dibelakang bangunan, termasuk ruang gurunya pun atapnya terlihat bolong.

 

Selain itu berdasarkan pantauan Harian OKU Selatan (HOS) dilokasi, terlihat  bangunan perumahan guru SDN setempat mengalami kerusakan parah sehingga tidak bisa lagi dimanfaatkan. Belum lagi ditambah kramik di depan RKB siswa yang sebagian sudah terlihat rusak.

 

Terlihat juga diantara tiang depan penyangga gedung sekolah, sudah ada yang mengalami retak yang tentunya bisa membahayakan para siswa jika sewaktu-waktu patah.

 

Yandri, salah seorang pengajar di SDN 02 Buay Pemaca saat dibincangi mengatakan sepengetahuan dirinya usulan terkait perbaikan kondisi bangunan sekolah tempatnya mengajar saat ini sudah pernah di ajukan ke Dinas terkait.

 

"Jika ditanyakan kondisi sekolah saat ini kan bisa lihat saja sendiri. Sepengetahuan saya sudah pernah diajukan proposal untuk perbaikan, tapi itu sudah lama dan belum ada realisasinya,” tutur Yandri, Senin (30/8/2022).

 

Sementara itu terkait hal ini, Misyadin, salah satu pekerja media di OKU Selatan mengaku turut perduli terhadap kondisi ini. Pihaknya berharap agar Pemerintah Daerah bisa memperhatikan kondisi bangunan SDN 02 Buay Pemaca saat ini.

 

"Mendapatkan bangunan yang layak dan bagus adalah hak seluruh siswa anak sekolah di daerah ini. Dengan begitu, semoga kedepan akan ada perbaikan seperti tindakan rehab oleh Pemkab OKU Selatan," harapnya. (DK)

Sumber: