Wakamad MTsN 1 OKUS Sampaikan Pentingnya Upacara Bendera

Wakamad MTsN 1 OKUS Sampaikan Pentingnya Upacara Bendera

Foto: Wakil Kepala Madrasah bagian Humas, Elmizon M.Pd.I saat menyampaikan arahannya di tengah kegiatan Upacara Bendera, Senin (05/09/2022).--

MUARADUA - Setiap hari Senin, di setiap Lembaga Pendidikan terutama MTsN 1 OKU Selatan dilaksanakan kegiatan Upacara Bendera pada pagi hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai.

Bertempat di lapangan MTs N 1 OKU Selatan, Upacara Bendera sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Senin. Upacara yang dihadiri oleh seluruh siswa/siswi dan juga Kepala Madrasah, serta Guru, maupun Karyawan MTs N 1 OKU Selatan ini tentu mempunyai manfaat yang sangat baik bagi upaya penumbuhan budi pekerti dan karakter bangsa, terutama nilai-nilai kebangsaan dan kebinekaan.

Hal itu disampaikan secara langsung oleh Elmizon M.Pd.I selaku Wakil Kepala Madrasah bagian Humas saat menyampaikan pidatonya di tengah kegiatan Upacara Bendera, Senin (05/09/2022).

“Nilai-nilai tersebut terkandung di dalam setiap urutan kegiatan/tata upacara bendera. Nilai-nilai tersebut diantaranya adalah nilai kedisiplinan, kepemimpinan, kerjasama dan kekompakan, kekuatan fisik dan mental, patriotisme (kepahlawanan), dan lain sebagainya,” tutur Elmizon.

Dikatakannya, ada manfaat penting ketika seseorang mengikuti upacara bendera. Salah satunya melatih untuk menjadi seseorang yang selalu disiplin. Disiplin dalam hal ini adalah terhadap waktu. Upacara bendera dilaksanakan tepat pada waktu yang telah diatur dalam jadwalnya. Siswa harus datang lebih awal agar tidak telat mengikuti upacara.

Selain itu upacara bendera bagi siswa, jelasnya, juga bermanfaat untuk melatih diri disiplin terhadap aba-aba dalam upacara bendera. Ada saatnya posisi siap sempurna dan istirahat di tempat. Ini harus dipatuhi oleh siswa peserta upacara bendera.

            “Tidak hanya itu, terlihat peserta upacara tidak membuat masalah dan kegaduhan saat upacara berlangsung. Sebaliknya, para siswa mengikuti upacara tersebut dengan rasa sosial dan kebersamaan yang tinggi sehingga upacara berjalan dengan lancar dan sukses,” tuturnya. (nidc/rel)

Sumber: