Hari Kedua Pelaksanaan ANBK Berjalan Aman

Hari Kedua Pelaksanaan ANBK Berjalan Aman

Kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).yang dilaksanakan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-03) Buay Sandang Aji (BSA).--

MUARADUA - Peserta didik Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-03) Buay Sandang Aji (BSA) mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu sejak tanggal 19 sampai tanggal 20 September 2022 tersebut terlaksana dengan aman.

Diketahui pelaksanaan kegiatan itu sendiri dilaksanakan di ruangan kelas siswa dengan menggunakan komputer milik siswa.

Terpantau kegiatan ini berjalan dengan baik karena peserta didik sudah dilatih secara serius selama kegiatan Gladi ANBK yang dilaksanakan pada beberapa hari sebelumnya.

Ardani, S. Pd., M.M selaku Kepala SMP Negeri 3 BSA menjelaskan bahwa perkembangan ilmu dan pengetahuan saat ini berjalan dengan begitu pesat.

"Kemajuan teknologi semakin canggih. Proses ilmu pembelajaran memudahkan kita untuk selalu bangkit dan mengikuti zaman pendidikan modern," jelasnya.

Lebih lanjut, Ia menuturkan bahwa dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia perlu diadakan kegiatan ini, karena diketahui Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah penilaian terhadap mutu setiap sekolah.

Untuk Mutu pendidikan kata Ardani, dinilai berdasarkan hasil belajar peserta didik yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Ia menambahkan, dalam simulasi dan pelaksanaan Asesmen tak didapatkan kendala sehingga berjalan dengan aman daj lancar.

"Untuk Metode ujiannya dilaksanakan pada tiga sesi, dan setiap sesinya jumlah peserta didik dibagi 15 orang," ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua guru yang telah bekerja keras untuk mensuskeskan pelaksanaan ANBK tersebut.

"Jumlah siswa 41, Mata Pelajaran (Mapel) literasi dan survey karakter, hari kedua Numerasi dan Survey Lingkungan," tandasnya. (dal)

Sumber: