SPBU di OKU Selatan Terapkan Pembatasan Pengisian BBM

SPBU di OKU Selatan Terapkan Pembatasan Pengisian BBM

SPBU di wilayah Tebing Gading, Kecamatan Muaradua OKU Selatan, yang tampak mulai menerapkan pembatasan pengisian BBM.--

MUARADUA – Di Wilayah Kabupaten OKU Selatan, beberapa SPBU kini mulai menerapkan pembatasan pengisian BBM. Salah satunya seperti yang ada di SPBU wilayah Tebing Gading Kecamatan Muaradua OKU Selatan, yang sudah menerapkan pembatasan pengisian BBM.

Pengelola SPBU Tebing Gading Muaradua OKU Selatan, Bahtiar menjelaskan, jika pembatasan pengisian ini sudah berjalan sejak per 1 September 2022. Berbarengan dengan sistem penggunaan wajib aplikasi My Pertamina.

Dijelaskannya, jika masing-masing jenis kendaraan dengan klasifikasi tertentu saat ini sudah dibatasi kuota pengisian BBM nya oleh SPBU. Misalnya untuk mobil pribadi, L300, jenis Engkel, dibatasi kuota hanya 50 liter/hari.

Kemudian untuk jenis truck dan dump truck yakni 80 liter/hari dan jenis bus besar dijatah 120 liter/hari. Dan terakhir, untuk jenis kendaraan motor yakni dijatah 10 liter/hari.

"Semua kendaraan hanya dilakukan 1 kali pengisian. Tidak boleh berulang-ulang kali," ucapnya.

Dikatakannya, dalam aturan yang telah di sosialisasikan ke masyarakat ini, SPBU juga menerapkan aturan tidak melayani pengisian BBM jenis subsidi, kepada kendaraan Dinas, TNI, maupun Polri.

"Setiap kendaraan yang akan mengisi BBM, kita petugas SPBU akan mencatat Nopol (nomor polisi) kendaraan tersebut dan kita input ke sistem. Sehingga dari data ini, akan terlihat semua, mana kendaraan yang sudah menggunakan kuota pengisian BBM di kendaraanya, mana yang sudah," jelasnya.

Selanjutnya sambung Bahtiar, sistem pendataan langsung lewat Nopol Kendaraan ini juga, langkah yang dilakukan oleh SPBU untuk menghindari kecurangan pembeli untuk melakukan pengisian BBM lebih dari 1 kali sehari.

Selanjutnya kata Bahtiar, untuk pasokan BBM yang masuk di SPBU Tebing Gading Muaradua OKU Selatan, saat ini, Pertalite berjumlah 16 KL (ton) untuk hari Senin-Kamis, 24 KL di hari Sabtu. Sedangkan untuk jenis BBM solar dipasok 8 KL per hari.

"Dengan kuota yang ada, bisa dibilang kebutuhan pengisian kendaraan kita disini sudah mencukupi," jelasnya. (ant)

Sumber: