MCS Permudah Ida Akses Layanan Kepesertaan JKN

MCS Permudah Ida Akses Layanan Kepesertaan JKN

Foto: Layanan Mobile Customer Service (MCS) di lingkungan Kantor Kecamatan Prabumulih Selatan untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).--

PRABUMULIH – BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih kembali menghadirkan layanan Mobile Customer Service (MCS) di lingkungan Kantor Kecamatan Prabumulih Selatan. 

Upaya ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat mendaftarkan diri beserta keluarganya sebagai peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

 

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih, Yulisdina Natalia mengungkapkan bahwa kegiatan MCS ini juga merupakan salah satu kanal informasi BPJS Kesehatan untuk mempermudah peserta dalam mengakses pelayanan maupun informasi tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan.

 

"Layanan jemput bola melalui MCS BPJS Kesehatan ini tidak hanya menyasar pendaftaran peserta baru, tetapi juga dapat melayani perubahan data peserta, pemberian informasi, penanganan pengaduan serta registrasi Mobile JKN," kata Yulisdina, Rabu (28/09).

 

Selain itu, dengan berbagai macam inovasi yang dihadirkan dalam mengakes layanan, masyarakat kini tidak perlu lagi untuk mencetak kartu JKN karena hanya dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) masyarakat juga tetap bisa mengakses layanan JKN.

 

“Sesuai dengan regulasi yang berlaku bahwa KTP sebagai identitas tunggal pelayanan publik. Oleh karena itu, peserta dapat mengakses layanan kesehatan tanpa menggunakan kartu JKN. Cukup hanya menggunakan KTP atau Kartu Keluarga (KK) saja sudah bisa dilayani di fasilitas kesehatan,” ungkap Yulisdina.           

 

Pelayanan yang paling banyak dilakukan oleh petugas MCS adalah pemberian informasi kepada masyarakat baik kepada masyarakat yang belum terdaftar pada Program JKN maupun kepada peserta JKN. Hal tesebut kembali dilakukan petugas MCS ketika memberikan pelayanan di salah satu Kantor Kecamatan Prabumulih Selatan.

 

Salah seorang masyarakat yang mengakses layanan MCS, Ida Royani (37) mengatakan bahwa layanan MCS sangat membantu masyarakat yang belum sempat datang ke kantor BPJS Kesehatan.

Sumber: