Warga Ramai-Ramai Tangkap Ikan Mabok di Danau Rakihan

Warga Ramai-Ramai Tangkap Ikan Mabok  di Danau Rakihan

Foto: Warga tampak beramai-ramai menangkap ikan mabok di Danau Rakihan Kecamatan Sindang Danau, Kabupaten OKU Selatan, Rabu (14/12/2022).--

SINDANG DANAU – Penomena ikan mabok akibat belerang kembali terjadi di Danau Rakihan Kecamatan Sindang Danau. Atas kondisi ini warga setempat pun berbondong-bondong menangkap ikan diperairan tersebut.

Ikan yang terapung di perairan Danau Rakihan ini menjadi berkah tersendiri bagi puluhan warga Desa Ulu Danau Kecamatan Sindang Danau dan sekitar untuk menangkap ikan.

Tak tanggung-tanggung ikan yang didapat warga pun dalam jumlah yang cukup banyak, baik ukuran kecil maupun ukuran yang besar.

Satu orang warga bisa mendapatkan puluhan kilo ikan, dengan beragam jenis ikan seperti ikan Patin, Mujair dan ikan Nila.

Alfan, salah satu warga setempat mengungkapkan, berkisar pukul 07.30 pagi hari Rabu (14/12/2022) banyak warga berduyun-duyun pergi ke Danau Rakihan membawa alat seadanya seperti jaring dan jala dan alat-alat lainnya untuk menangkap ikan.

Menurut Alfan, ikan mati dan mabok tersebut dikarenakan belerang sedang naik sehingga membuat ikan pada mabok. Ikan tersebut dalam keadaan mabok dan ada juga yang sudah mengapung tetapi masih hidup, namun telah jinak.

"Ikan yang mabok belerang telah normal kembali, dan biasa terjadi satu tahun sekali. Menurut warga ikan mabok ini akibat belerang atau disebut "Pentilihan" karena terjadinya satu tahun sekali. Biasanya kalau di Danau Ranau mengalami Pentilihan maka di Danau Rakihan ini ikut juga Pentilihan," terang Alfan. (Ant)

Sumber: