Terjun Langsung Tanggulangi Jalan Longsor

Terjun Langsung Tanggulangi Jalan Longsor

Foto: Gotong royong memperbaiki jalan penghubung antara Desa Tanjung Menang - Talang Padang yang tertimbun longsor.--

BUAY PEMACA, HARIANOKUS.COM – Sebagai bentuk cepat tanggap mengatasi longsor yang terjadi empat hari lalu,  Kepala Desa Tanjung Menang Kailani, bersama warga menggelar gotong royong memperbaiki jalan penghubung antara Desa Tanjung Menang - Talang Padang yang tertimbun longsor.

Kegiatan ini sendiri dilakukan Pemerintah Desa Tanjung Menang dan masyarakat, Minggu (18/12/2022). Dimana dalam gotong royong ini Pemdes dan masyarak desa mengisi tanah ke dalam karung untuk memagar sisi jalan penghubung tersebut.

Kepala Desa Tanjung Menang Kailani, kepada wartawan menyebutkan wilayah di jalan desanya itu selama ini memang rawan longsor. Karena itu warga harus lebih waspada dan peduli, salah satunya dengan melakukan gotong royong memperbaiki jalan yang rawan longsor.

“Karena ini adalah jalan satu-satunya untuk masyarakat desa Tanjung Menang mengeluarkan hasil bumi dan kepentingan lainnya. Dalam hal ini saya tidak bisa membiarkan jalan ini putus. Oleh karena itu saya dan warga mengatasinya dengan cara membuat pagar dari karung yang berisi tanah. Ini hanya untuk sementara, sebelum ada perbaikan dari Pemerintah Kabupaten,” ujar Kades.

Dikatakan oleh Kades, kegiatan gotong royong diwilayah desanya memang sudah menjadi keharusan bagi keadaan setiap warga dalam rangka menjaga lingkungannya dari bahaya longsor.

Diakui Kades Tanjung Menang, pihaknya juga terus memberikan penyadaran pada warga, agar selalu menjaga dan merawat berbagai fasilitas infrastruktur yang ada di daerahnya, sehingga keberadaannya selalu terjaga dengan baik, dan terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan dan semoga budaya gotong royong ini selalu melekat kepada seluruh masyarakat desa Tanjung Menang.

Dirinya menambahkan kejadian longsor yang pernah terjadi, diakui harus dijadikan pembelajaran agar masyarakat juga menjaga lingkungan dengan tidak menebang pohon sembarangan, membuang sampah pada tempatnya dan semacamnya. Karena kelestarian lingkungan akan menjaga lingkungan dari berbagai bencana.

 “Semoga ke depan tidak akan terjadi lagi bencana seperti longsor di Desa kami, agar kenyamanan warga tidak terganggu,” harapnya.

Sementara itu Makmun, salah satu masyarakat Desa Tanjung Menang membenarkan pernyataan Kades bahwa kalau jalan tersebut tidak ditanggulangi dengan cuaca yang kurang baik ini maka bisa-bisa jalan tersebut putus, karena akibat kejadian longsor empat hari yang lalu, jalan tersebut sudah tampak menggantung lebih kurang satu meter..

“Kami juga sangat berterima kasih kepada Kades yang telah bersusah payah membantu dan memberikan dukungan. Selain itu beliau juga turun tangan langsung untuk menggali tanah sehingga jalan ini untuk sementara waktu aman dilewati,” tuturnya. (Ndi)

Sumber: