Dari Mana Sumber Dana Pembangun tol Trans Sumatera?

Dari Mana Sumber Dana Pembangun tol Trans Sumatera?

--

HARIANOKUS.COM - Banyak yang bertanya-tanya dari mana pemerintah mendapatkan dana untuk membangun proyek mega tol Trans Sumatera?

 

Apalagi tol Trans Sumatera tidak Kaleng kaleng. Sebagai salah satu pulau terbesar di dunia dengan kondisi topografi yang sulit, pembangunan tol Trans Sumatera menelan biaya Rp 572 triliun.

 

Angka tersebut dipublikasikan oleh Luky Alfirman, Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan, di kanal YouTube DJPPR Kementerian Keuangan.

 

“Kalau 24 ruas ini dibangun sekaligus, kebutuhan dananya Rp 572 triliun,” kata Luky.

 

Jadi dari mana sumber keuangan berasal untuk menyelesaikan proyek ini? Salah satunya ternyata dari Penyertaan Modal Negara (PMN) yang diberkan kpeda Hutama Karya Persero  selaku pengembang Tol Trans Sumatera.

 

PMN pada Hutama Karya tersebut akan menjadi penyertaan modal saham pada sebuah perusahaan dimana Hutama Karya dimiliki 100 persen oleh Pemerintah Republik Indonesia.

 

PT Hutama Karya mendapat suntikan dana PMN periode I 2022 sebesar Rp 23,85 miliar dan periode II Rp 7,5 triliun dari APBN Dana Cadangan Pembiayaan Investasi.

 

Sumber: