4 Kota Terpopuler di Sumatera Bagi Wisatawan, Nomor 3 Tidak Disangka Ternyata Bukan Kota?

4 Kota Terpopuler di Sumatera  Bagi Wisatawan, Nomor 3 Tidak Disangka Ternyata Bukan Kota?

--

HARIANOKUS.COM-  Pulau Sumatera merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia setelah Kalimantan. Sumatera  terdiri dari 10 Provinsi yang terdapat di dalamnya mulai dari Aceh hingga Provinsi Lampung.

 

 

 

Dari masing 10 provinsi masing-masing memiliki kota-kota besar sebagai ibu kota provinsi. Kota-kota besar itu  sekaligus pusat keramaian dan tujuan wisata.

 

 

 

 

Nah tahukah kamu dari kota –kota besar di Sumatera itu empat kota paling populer Karen paling banyak menjadi tujuan wisatawan.

 

 

 

Kota apa saja itu berikut dilansir dari Trivadvisor kota yang populer bagi wisatawan:

1.   Medan

Kota medan merupakan ibukota Provinsi Sumatera Utara. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan kota Surabaya. Kota medan juga adalah kota terbesar di luar pulau Jawa, sekaligus terbesar di Pulau Sumatra.

 

 

 

Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kualanamu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

 

 

 

2.  Palembang

Palembang adalah ibu kota provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Kota dengan luas wilayah 400,61 km²[4] ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada tahun 2021.

 

 

 

 Kota Palembang juga kota terpadat dan terbesar kedua di Sumatera setelah Kota Medan, kota terpadat keenam di Indonesia setelah Jakarta Raya, Surabaya, Bandung, Medan, Semarang dan kota terbesar kesembilan belas di Asia Tenggara.

 

 

 

 

3. Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah nama tempat wisata di Kecamatan Bahorok, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara yang terletak 68 km sebelah barat laut Kota Binjai dan sekitar 80 km di sebelah barat laut kota Medan.

 

 

 

Bukit Lawang termasuk dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser yang merupakan daerah konservasi terhadap mawas orang utan.

 

 

 

Pusat rehabilitasi orangutan Bukit Lawang didirikan pada tahun 1973. Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan populasi orangutan yang semakin berkurang akibat perburuan, perdagangan dan reforestasi.

 

 

 

4  Bandar Lampung

Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibu kota dan kota terbesar di provinsi Lampung.

 

 

 

 

Dengan kepadatan 5.332/km², Bandar Lampung merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Sumatra, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar Pulau Jawa.

 

 

 

Secara geografis, Kota ini merupakan gerbang utama Pulau Sumatera, tepatnya kurang lebih 165 km sebelah barat laut Jakarta, memiliki andil penting dalam jalur transportasi darat dan aktivitas pendistribusian logistik dari Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya. (**)

 

Sumber: trivadvisor