Usai Dilantik, 259 PKD OKU Selatan Langsung Dapatkan Pembekalan

Usai Dilantik, 259 PKD OKU Selatan Langsung Dapatkan Pembekalan

Foto: Pelantikan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di wilayah Kabupaten OKU Selatan.--

 

MUARADUA, HARIAN OKU SELATAN – Sebanyak 259 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) wilayah OKU Selatan, resmi dilantik dan diberikan pembekalan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) OKU Selatan.

 

Para PKD OKU Selatan ini dilantik dan diberi pembekalan di masing-masing 19 Kecamatan OKUS pada 5-6 februari 2023, tepat setelah pengumuman hasil kelulusan oleh Bawaslu. PKD ini seperti diketahui, sebagai salah satu petugas pengawas Desa/Kelurahan untuk persiapan Pemilu 2024 nanti.

 

"Jadi setelah dilantik, para PKD ini akan langsung bekerja. Tugas pertama para PKD ini, yakni pengawasan coklit (Pemutahiran data Pemilih) di setiap desa bersama Pantarlih," ujar Bahdozen Hanan S.Pd., MSi Kepala Sekertariat Bawaslu OKUS dibincangi (6/2/2023).

 

Untuk PKD OKUS yang lulus dan dilantik sendiri, dijelaskannya, sudah melalui beberapa proses tahapan-tahapan dalam rekrutmen. Mulai dari tahap pemberkasan administrasi, dan juga tahap tes wawancara. Untuk PKD yang lulus juga, sudah melalui tahap proses rapat pleno di masing-masing Kecamatan.

 

"Tahun ini, antusias untuk masyarakat untuk masuk menjadi PKD cukup tinggi, sama seperti halnya saat rekrutmen Panwascam," terangnya.

 

Terkait para petugas PKD OKUS yang telah lulus,  pihaknya berharap agar nantinya seluruh PKD bisa menjalankan tugas-tugas dengan baik, berintegritas dan profesional serta memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk mengawal tahapan Pemilu 2024 di wilayahnya masing-masing. (res)

Sumber: