Dinas PMPD OKU Selatan Gelar Sosialisasi Pilkades

Dinas PMPD OKU Selatan Gelar Sosialisasi Pilkades

Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023 yang digelar di aula Kantor Pemerintah kabupaten OKU Selatan, Rabu (8/2/2023). Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.--

MUARADUA, HARIAN OKU SELATAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (PMPD) menggelar Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten OKU Selatan Tahun 2023 di aula Kantor Pemkab, Rabu (8/2/2023).

 

Kegiatan yang berlangsung sukses ini dihadiri, Bupati OKU Selatan Popo Ali M.,B.Com diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Joni Rafles, AP.,M.Si didampingi Kepala Dinas PMPD A. Romzi, SE., M.M, Kabag Ops Polres Kompol Hardan, Kabag Hukum, para Camat dan para Kabid serta para Kasi di Dinas PMPD.

 

Dalam pelaksanaan sosialisasi ini Dinas PMPD menghadirkan peserta beejumlah sebanyak 183 orang terdiri dari, Ketua Panitia Pemilihan 82 orang, Sekertaris Panitia Pemikihan 82 orang dan Kasi Pemerintahan 19 orang.

 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMPD OKU Selatan A. Romzi, SE., M.M menyampaikan bahwa sosialisasi ini sendiri sesuai dengan Perturan Daerah (Perda) Kabupaten OKU Selatan Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pemilihan, Pengesahan dan Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

 

Selanjutnya, Peraturan Bupati OKU Selatan Nomkr 37 Tahun 2022 tentang Pedoman, Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

 

Kemudian, diperkuat dengan Surat Keputusan (SK) Bupati OKU SelatanNomor :90/KPTS/DPMPD/2023 Tentang Penetapan Pelaksanaan Kegiatan Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2023.

 

Adapun tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah melalui sosialisasi diharapkan panitia Pemilihan dapat melaksanakan tahapan Pilkades serentak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Bupati OKU Selatan.

 

Selanjutnya, dengan adanya sosialisasi ini guna memberikan bimbingan teehadap panitia pemilihan melalui tahapan-tahapan Pilkades sehingga dalam pelaksanaan Pilkades Serentak Tahun 2023 berjalan dengan lancar, aman dan kondusif sesuai harapan Pemerintahan Kabupaten OKU Selatan.

 

Sementara itu, Bupati OKU Selatan Popo Ali Martopo, B. Commerce yang diwakilkan oleh Asisten I Jon Raflesh, AP., M. Si menyampaikan, bahwa melalui sosialisasi pemilihan Kepala Desa Serentak ini, atas nama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, pihaknya meminta kepada seluruh Panitia Pemilihan agar dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab dan bersikap netral.

 

Dengan adanya sikap netralitas Paniti, diharapkan mudah-mudahan pelaksanaan Pilkades serentak berjalan lancar aman dan kondusif.

 

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten OKU Selatan juga mengharapkan dari semua pihak unsur yang terkait selalu bekerjasama demi tercapainya tujuan proses pesta demokrasi melalui Pemilihan Kepala Desa Serentak yang aman dan damai," ungkap Asisten I.

 

Adapun dalam sosilisasi ini disampaikan beberapa materi, diantaranya Sosialisasi Ketua dan Sekretaris Panitia Desa dan Materi Perlengkapan Logistik Panitia Desa Pilkades Serentak 2023. (Dal)

 

Sumber: