Gerak Cepat Lakukan Pembersihan Sisa-sisa Kebakaran

Gerak Cepat Lakukan Pembersihan Sisa-sisa Kebakaran

Foto: Aparatur Pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa serta puluhan masyarakat yang tampak melakukan pembersihan sisa-sisa reruntuhan dilokasi kebakaran, Jumat (24/2/2023).--

SIMPANG, HARIANOKUS.COM – Setelah Petugas Pemadam Kebakaran (PBK) melakukan pemadaman terhadap kobaran api yang menghanguskan rumah panggung mili warga Dusun Dua, Desa Karang Agung, Kecamatan Simpang, Kabupaten OKU Selatan, yang terjadi Jumat (24/2/2023) dini hari, Aparatur Pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa serta puluhan masyarakat langsung terjun melakukan pembersihan sisa-sisa reruntuhan dilokasi kebakaran.

 

Kepala Desa (Kades) Karang Agung, Adi Gautama, menyebutkan upaya pembersihan sisa-sisa kebakaran yang dilakukan Pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas Desa dan masyarakat ini adalah upaya untuk memperlancar arus lalulintas dilokasi terjadinya musibah kebakaran tersebut.

 

"Lokasi kebakaran merupakan jalan umum sehingga kami bersama-sama dengan masyarakat melakukan pembersihan agar baik itu masyarakat ataupun kendaraan tetap dapat melintas," kata Kades Karang Agung, Adi Gautama kepada Harian OKU Selatan (harianokuss.com), Jumat (24/02/2023).

 

Adi menambahkan dalam kesempatan itu dirinya juga mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada semua semua pihak yang telah berjibaku untuk memadamkan api sehingga tidak menyasar ke rumah-rumah lainnya.

 

“Tentunya tanpa kerjasama yang baik antara masyarakat dan Petugas Pemadam Kebakaran api akan sulit dipadamkan dan kemungkinan dapat menjalar ke rumah warga lainnya,” ucap Kades.

 

BACA JUGA:Satu Unit Rumah Panggung Hangus Dilalap Sijago Merah.

 

Namun terangnya Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak kobaran api tidak menjalar ke rumah warga lainnya.

 

Atas dasar itulah dalam kesempatan ini dirinya atas nama Pemerintah Desa mengucapkan terima kasih, baik kepada seluruh lapisan masyarakat, Petugas PBK dari Kecamatan dan juga Kabupaten OKU Selatan serta PBK dari OKU Timur yang turun membantu," ujar Kades.

 

Ditambahkan oleh Kades Adi Gautama, dalam kesempatan ini dirinya juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Desa Karang Agung agar kiranya dapat meningkatkan kewaspadaan, apalagi mengingat saat ini telah memasuki musim kemarau sehingga rawan kebakaran.

 

“Marilah kita bersama-sama mengingkatkan kewaspadaan dan meminalisir agar kejadian serupa tidak terulang lagi. Salah satunya yakni sebelum berpergian untuk mengecek ulang tempat-tempat yang berpotensi kebakaran,” tuturnya.

BACA JUGA:Jadi Bandar Narkoba, Mantan Satpam Diciduk Polres OKU Selatan

Serta juga khususnya kepada warga yang rumahnya sudah lama berdiri untuk bisa melakukan peremajaan aliran listrik di rumah-masing masing sehingga tidak terjadi arus pendek atau korsleting listrik.

 

“Hal-hal ini sangat perlu diperhatikan, apalagi mengingat sebagian besar pemicu kebakaran terjadi akibat adanya arus pendek ataupun korsleting listrik,” pesan Kades Adi Gautama. (res)

Sumber: