Pergerakan Pemburu Babi Bantu Petani Atasi Hama

Pergerakan Pemburu Babi Bantu Petani Atasi Hama

Komunitas Porbi Desa Tanjung Harapan berpose disela perburuan Hama Babi. Foto : Herianto/Harian OKU Selatan.--

SINDANG DANAU, HARIANOKUS.COM – Pergerakan Persatuan Pemburu Babi (Porbi) Bambu Runcing di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Sindang Danau, Kabupaten OKU Selatan, yang terus melakukan pemburuan hama Babi diwilayah tersebut disambut hangat oleh masyarakat.

 

Sebab dengan adanya pemburuan hama Babi ini dapat mengurangi populasi hingga membasmi keberadaan hama babi yang sering menggangu tanaman milik petani.

 

Kepala Desa Tanjung Harapan, Hidayat Sarifin saat dikonfirmasi oleh wartawan Harian OKU Selatan, Senin (10/4/2023) menyebutkan Pemerintah Desa menssupport penuh kegiatan yang dilaksanakan oleh Komunitas Porbi Bambu Runcing di Desa Tanjung Harapan.

 

Dikatakannya, kegiatan berburu babi hutan ini sendiri hampir setiap minggunya dilakukan. Dengan harapan kegiatan ini bisa mengurangi populasi bahkan membasmi keberadaan hama babi dihutan yang kerap mengganggu perkebunan warga.

 

"Hampir setiap Minggu kita melakukan berburu bersama, dengan tujuan untuk membasmi hama babi yang sering merusak tanaman para petani, seperti, jagung, padi, dan tanaman lainya. Semoga saja kalau di buru terus hama babi ini akan berkurang,” ujar Kades.

 

Selanjutnya kata kades, apabila hama babi tersebut terus menerus di basmi maka masyarakat khususnya para petani bisa merasa nyaman untuk bercocok tanam dan bisa memberikan hasil yang memuaskan.

 

“Kegiatan berburu hama babi ini lokasi dan tempatnya berbeda-beda. Tentu saja masyarakat Desa Tanjung Harapan khususnya sangat mendukung adanya kegiatan berburu hama babi ini karena kalau di buru terus menerus tentu hama babi berkurang. Ini kegiatan yang positif dan sangat membantu masyarakat para petani,” terangnya.

 

Sumber: