BUMDes Jamin Asuransi Kematian Warga

BUMDes Jamin Asuransi Kematian Warga

Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2022 dengan membudidayakan Ayam Petelur.--

MUARADUA, HARIAN OKU SELATAN - Guna meningkat kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten OKU Selatan realisasikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2022 dengan membudidayakan Ayam Petelur.

 

Kepala Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Buay Pemaca, Kabupaten OKU Selatan Yeti Tarwiyah, S. Pd. I, mengaku bahwa Budi Daya ayam petelur yang dikelola sejak Desember 2022, sedangkan produksi dimulai dari Bulan Maret 2023," ungkapnya, Jumat (28/7).

 

Dikatakannya, dimana hasil dari budidaya produksi telur ayam ini dengan tujuan pengembangan modal, mengatasi asuransi kematian dan kelahiran bagi warga, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

 

"Sejak Bulan 3 Tahun 2023 ini kalau ada warga yang meninggal dibantu Rp. 1000.000, kalau melahirkan Rp. 500.000 bantuan ini tidak memandang status sosial, asalkan dengan dibuktikan dengan KTP dan KK yang tertera di Des ini," ucapnya.

 

Kemudian, dari hasil ini juga nantinya akan digunakan untuk penambahan sarana dan prasarana perangkat desa, lalu nantinya telah direncanakan akan menambah honor perangkat desa.

 

"Semenjak BUNDes ini berjalan kegiatan sosial akan dibantu dari BUMDes ini sendiri tidak lagi secara swadaya, seperti kegiatan sosial, keagamaan dan lainnya," bebernya.

 

Ada pun jumlah ayam yang dikelola ini sebanyak 1.750.000 dengan menghasilkan produksi 51-52 Karpet, mengenai sistem penjualan sementara ini masih dipasarkan pada lokal.

 

Sumber: