Dinas PP,KB,PP dan PA Gandeng Polres Atasi Kekerasan Terhadap Anak

Dinas PP,KB,PP dan PA Gandeng Polres Atasi Kekerasan Terhadap Anak

Dinas KB bersama Satreskrim saat rapat koordinasi. Foto : Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.--

 
 
MUARADUA, HARIAN OKU SELATAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKU Selatan melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP,KB,PP dan PA) gandeng Kepolisian Resor (Polres) untuk melakukan langkah dalam mencegaj dan mengatasi kasus kekerasan seksual terhadap anak diwilayah Kabupaten OKU Selatan.
 
Tindakan dan upaya itu sendiri dibuktikan dengan kedatangan Kepala Dinas PP, KB, PP dan PA beserta para Kabid mengunjungi Polres untuk kerjasama, pada Jumat (4/8).
 
Kepala Dinas PP, KB, PP dan PA OKU Selatan, Umu Manazilawati, S.KM., M.M mengatakan bahwa pihaknya sangat perihatin atas peristiwa menghebohkan publik beberapa waktu lalu.
 
Pasalnya, baru-baru ini telah terjadinya tindak asusila yang dilakukan oleh Bapak Kandung terhadap anaknya sendiri diwilayah Bendi, Kecamatan Buay Rawan dan Talang Sebaris Kecamatan Muaradua beberapa waktu lalu.
 
"Pas kami dapat informasi mengenai dua2 kasus itu, kami langsung turun ke lapangan bersama tim penyidik unit PPA Reskrim Polres OKU Selatan untuk melihat kondisi korban," ucapnya, Sabtu (5/8).
 
Dikatakannya, atas peristiwa itu, maka dalam waktu dekat ini kami bersama Polres OKU Selatan akan berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat serta pencegahan kekerasan terhadap anak.
 
“Sebenarnya, sebelum kejadian itu kita sudah sosialisasi pencegahan di 4 Kecamatan yakni Kecamatan Muaradua, Buay Sandang Aji, Tiga Dihaji dan Buay Rawan, akan tetap masih tetap terjadi," terangnya.
 
Maka dari itu, kali ini, lanjut Umu kita melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian terkait wacana sosialisasi kepada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten OKU Selatan agar pengawasan lebih ditingkatkan.
 
"Pemerintah Kabupaten dan Polres OKU Selatan dalam jangka waktu dekat akan melakukan sosialisasi yang melibatkan seluruh Kepala Desa sebagai perpanjangan tangan dalam menyampaikan pesan pencegahan kekerasan terhadap anak dan perempuan dihadapan masyarakat," jelas Umu Manazilawati.
 
Maka untuk itu, kami berharap kepada semua pihak untuk memberikan pemahaman, pengawasan agar tidak terus terjadi kekerasan seksual terhadap anak diwilayah Kabupaten OKU Selatan," tandasnya. (Dal)

Sumber: