Waduh! Akhir Tahun Ini Google Akan Hapus Akun Gmail, Ini Cara Amankan Akun

Waduh! Akhir Tahun Ini Google Akan Hapus Akun Gmail, Ini Cara Amankan Akun

--

HARIANOKUS.COM - Mulai 1 Desember 2023, Google berencana untuk menghapus akun pengguna Gmail yang telah tidak aktif selama dua tahun sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan keamanan.

Langkah ini diambil oleh Google sebagai respons terhadap potensi risiko keamanan yang terkait dengan akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA:Ternyata Tidak Sulit, Ini Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bercentang Biru

Ketentuan penghapusan ini berlaku bagi akun yang dalam kurun waktu dua tahun terakhir tidak pernah digunakan untuk masuk ke berbagai platform Google, termasuk Gmail, akun YouTube, dan layanan-layanan lainnya.

Dalam panduan bantuan resminya, Google menjelaskan bahwa mereka memiliki hak untuk menghapus akun yang tidak aktif bersama dengan seluruh aktivitas dan datanya jika pengguna tidak aktif di layanan-layanan Google selama minimal dua tahun.

BACA JUGA:Ini Tips Kompres Video dengan Cepat dan Mudah tahun 2023

Kebijakan ini diumumkan oleh Google pada bulan Mei sebelumnya, dengan alasan bahwa akun yang tidak aktif rentan terhadap risiko seperti penggunaan kata sandi yang lemah dan kurangnya verifikasi dua faktor.

Hal ini dapat membuat akun menjadi target potensial bagi aktivitas berbahaya seperti peretasan, penipuan (phishing), dan spam.

Namun, sebelum mengambil langkah penghapusan, Google akan memberikan kesempatan kepada pengguna dengan mengirimkan notifikasi melalui alamat email utama atau alamat pemulihan yang terkait dengan akun tersebut.

BACA JUGA:Proyeksi Menurun: Apple Rencanakan Penurunan Target Penjualan iPhone 15 Series

Dengan demikian, pengguna masih memiliki kesempatan untuk mengambil tindakan guna mempertahankan akun mereka.

Google juga memberikan saran kepada pengguna mengenai cara-cara yang dapat dilakukan untuk menjaga agar akun Gmail mereka tidak dihapus.

Beberapa langkah yang disarankan oleh Google antara lain adalah membaca atau mengirim email, menggunakan layanan Google Drive, aktif dalam menonton video di YouTube, mengakses Google Photos setidaknya setiap 2 tahun.

BACA JUGA:Menggebrak Dengan Keunggulan Oppo Reno 10 Siap Menaklukkan Pasar Smartphone Indonesia

Lalu juga mengunduh aplikasi, melakukan pencarian melalui Google, serta tetap login dengan akun Google saat menggunakan aplikasi, berlangganan berita, atau menggunakan layanan pihak ketiga.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, pengguna dapat memastikan bahwa akun Gmail mereka tetap aktif dan terhindar dari kebijakan penghapusan yang baru diberlakukan oleh Google.(*)

Sumber: