Rahasia Kesehatan dan Kecantikan Tersembunyi Lengkuas, Manfaatnya yang Luar Biasa

Rahasia Kesehatan dan Kecantikan Tersembunyi Lengkuas, Manfaatnya yang Luar Biasa

LENGKUAS--

HARIANOKUS.COM - Lengkuas atau laos adalah sejenis tumbuhan umbi-umbian yang dapat tumbuh baik pada daerah dataran tinggi maupun rendah. Rempah ini banyak terdapat pada berbagai negara Asia seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan Indonesia.

 

Penggunaan lengkuas lebih sering sebagai bahan campuran dalam masakan dan sebagai obat tradisional. Dalam masakan, lengkuas diparut dan langsung menjadi campuran hidangan. Sementara itu, untuk pengobatan tradisional, lengkuas merah merupakan jenis yang paling umum.

 

Tanaman herbal ini memiliki aromanya menyengat dan memiliki cita rasa yang pedas, tapi tidak sepedas jahe. Karena itu, rempah ini kerap menjadi pelengkap masakan, seperti rendang atau kari.Apa Saja Manfaat dari Lengkuas?

 

Selain menjadi bumbu masakan, lengkuas juga bermanfaat bagi tubuh. Ini terjadi berkat kandungan baik di dalamnya, seperti vitamin dan mineral. Ini termasuk vitamin A, B1, B2, B3, C, dan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, dan zink.

 

BACA JUGA:Rasanya Masam Luar Biasa, Namun Inilah 11 Manfaat Besar Konsumsi Jeruk Nipis

 

Selain itu, rempah juga mengandung tinggi antioksidan yang berguna untuk kesehatan. Banyaknya kandungan nutrisi dalam rempah ini membuatnya memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya:

 

1. Menghilangkan jerawat membandel:

Jerawat adalah masalah yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebihan di kulit. Gangguan ini dapat teratasi berkat sifat antiinflamasi yang terdapat di dalam lengkuas. Melansir dari The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology, peradangan terjadi pada semua proses terjadinya jerawat.

Sumber: