Mitos Atau Fakta 5 Hantu Khas di Sumatera Utara yang Sudah Sudah Jadi Bagian dari Kebudayaan

Mitos Atau Fakta 5 Hantu Khas di Sumatera Utara yang Sudah Sudah Jadi Bagian dari Kebudayaan

--

HARIANOKUS.COM - Di Sumatera Utara, selain keindahan alamnya, terdapat mitos-mitos misterius yang menghiasi kehidupan sehari-hari dan menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya dan tradisi setempat. Nah, di Sumatera Utara setidaknya ada lima hantu khas Sumatera Utara yang menjadi cerita menarik dan mencekam. Apa saja itu?

 

1. Begu Ganjang

Sosok hantu ini masih menjadi perdebatan di masyarakat, terutama di daerah-daerah terpencil Sumut. Begu dalam budaya Batak adalah makhluk gaib yang dipercayai berasal dari roh manusia yang telah meninggal. Begu Ganjang sering dianggap sebagai hantu pesuruh yang mencari kekayaan. Mereka digambarkan dengan rambut panjang yang menyeramkan.

 

2. Sigulambak

Bentuk hantu ini tidak jelas; beberapa mengatakan seperti kambing, yang lain seperti kuda. Konon, jika Anda mendengar suara kuda di malam hari namun tahu tidak ada kuda di sekitar, maka dipercayai ada Sigulambak. Hantu ini juga dikatakan dapat membawa manusia ke alam lain.

 

BACA JUGA:Keajaiban Batu Goong, Misteri Magis yang Mendatangkan Keberuntungan di Ciamis

3. Begu Ture

Hantu ini berasal dari masyarakat Karo. Secara harfiah, Begu Ture berarti "hantu tangga," karena mereka sering ditemukan di tangga menuju rumah adat panggung zaman dahulu. Mereka memiliki sosok perempuan yang mirip kuntilanak.

 

4. Homang

Hantu ini memiliki tubuh besar dan dapat berubah menjadi kera. Masyarakat Batak meyakini bahwa Homang sering menculik manusia yang menjadi mangsanya. Wajahnya menakutkan dengan gigi taring yang tajam.

Sumber: