Disdukcapil Gelar Perekaman E-KTP Pemilih Pemula

Disdukcapil Gelar Perekaman E-KTP Pemilih Pemula

Foto: Petugas Disdukcapil Kabupaten OKU Timur sedang melakukan perekaman e-KTP langsung ke sekolah-sekolah.--

 

MARTAPURA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Timur telah menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelancaran Pemilu 2024 dengan mengambil langkah-langkah untuk merekam data pemilih pemula melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU Timur.

 

Tindakan ini tampak dalam bentuk kunjungan tim Disdukcapil OKU Timur ke sejumlah Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sekolah setingkatnya di Bumi Sebiduk Sehaluan. Petugas dari Disdukcapil OKU Timur mendatangi sekolah-sekolah tersebut untuk melakukan perekaman e-KTP pemilih pemula. Selama kunjungan ini, mereka juga memberikan edukasi kepada pemilih pemula tentang pentingnya memiliki dokumen administrasi kependudukan.

 

Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Timur, H. Mursal, SH, MM, menjelaskan bahwa program ini ditujukan kepada generasi milenial atau remaja yang berusia 16 tahun atau mendekati usia 17 tahun. Dengan mendapatkan e-KTP, mereka akan memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi sebagai pemilih pemula.

 

Mursal menjelaskan lebih lanjut bahwa berdasarkan data Dapodik, terdapat sekitar 14.607 pelajar yang masuk dalam kategori Wajib KTP Pemula (WKTP). Dari jumlah tersebut, sebanyak 9.556 pelajar telah berhasil direkam, sementara 5.051 pelajar masih belum direkam. Beberapa dari mereka yang belum direkam sedang menjalani pendidikan di luar daerah, seperti di pondok pesantren. Mursal juga mencatat bahwa data ini akan terus diperbarui setiap semester sesuai dengan pembaharuan data dari pusat.

 

Selain melakukan perekaman, tim Disdukcapil juga memberikan edukasi tentang hak warga negara untuk memiliki dokumen elektronik (e-KTP) ketika mereka mencapai usia 17 tahun atau akan memasuki usia tersebut. Hal ini menjadi lebih penting karena tahun depan adalah tahun politik, dan memiliki e-KTP akan memungkinkan pemilih pemula untuk menggunakan hak suaranya.

 

Program perekaman e-KTP pemilih pemula terus berlanjut dengan kunjungan terakhir ke beberapa sekolah, seperti SMAN 1 Buay Madang, SMA 2 Muhammadiyah Karang Tengah, SMAN 1 Belitang III, MAN Gumawang, SMA 1 Semendawai Suku III, dan SMAN 1 Belitang II. Mursal menyatakan bahwa program ini akan terus berlanjut, dan beberapa pemilih pemula bahkan datang secara mandiri ke Kantor Disdukcapil Kabupaten OKU Timur untuk melakukan perekaman. (*)

Sumber: