Elektabilitas Prabowo Makin Kuat Jelang Pilpres 2024

Elektabilitas Prabowo Makin Kuat Jelang Pilpres 2024

Foto - WIB Bakal Capres 2024 yang juga Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.--

JAKARTA, HARIANOKUS.COM - Elektabilitas Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) diprediksi akan semakin meningkat menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal ini diyakini karena ada kembalinya dukungan dari pendukung Capres Anies Baswedan ke Prabowo dalam Pilpres 2024.

 

Menurut Peneliti Polling Institute Kennedy Muslim, kembalinya sebagian basis pendukung Prabowo yang sebelumnya mendukung Anies Baswedan, serta masuknya pemilih baru dari kelompok pemilih yang sebelumnya mendukung Jokowi, menjadi faktor kunci yang membantu Prabowo mempertahankan keunggulan. Hasil survei Polling Institute pada periode 1 – 3 Oktober 2023 menunjukkan bahwa Prabowo berada di peringkat pertama dalam perolehan dukungan Capres.

 

Dalam simulasi tiga Capres utama, Prabowo mendapatkan elektabilitas sebesar 36,5 persen, mengalahkan Ganjar Pranowo (31,2 persen) dan Anies Baswedan (18,7 persen). Prabowo juga unggul dalam survei tersebut jika Pilpres 2024 berlanjut ke putaran kedua, baik jika berhadapan dengan Anies Baswedan atau Ganjar Pranowo.

 

Kennedy mengatakan bahwa peningkatan elektabilitas Prabowo dalam simulasi dengan tiga atau dua Capres terkait dengan adanya dukungan dan endorsement dari Presiden Jokowi. Oleh karena itu, potensi Prabowo untuk maju ke putaran kedua dalam Pilpres 2024 diperkirakan sangat besar. (*)

Sumber: