Zzzzzzz ! Dingin Sehat, Ternyata Ada Banyak Manfaat Krioterapi untuk Kesehatan Anda

Zzzzzzz ! Dingin Sehat, Ternyata Ada Banyak Manfaat Krioterapi untuk Kesehatan Anda

Krioterapi ( Terapi Dingin) atau Berendam di Air Es.-foto: IST-

HARIANOKUS.COMKrioterapi, atau yang lebih dikenal dengan terapi es sering terlihat pada atlet khsususnya pesepakbola usai latihan atau pertandingan.

Krioterapi adalah metode pengobatan yang melibatkan paparan tubuh pada suhu yang sangat dingin selama beberapa menit.

Prosedur ini dapat diterapkan pada area tertentu atau seluruh tubuh.

Ini termasuk berbagai teknik, mulai dari penggunaan kantong es hingga mandi dalam air es dan penggunaan cairan nitrogen.

BACA JUGA:Tampil Cantik Bebas Jerawat, Ini Rahasia Tomat untuk Kulit Sehat!

Manfaat dari prosedur krioterapi sangat beragam, mulai dari meredakan gejala migrain hingga mendukung pengobatan kanker.

Berikut adalah beberapa manfaat krioterapi yang perlu Anda ketahui:

1. Meredakan Gejala Migrain: Krioterapi dapat membantu mengurangi gejala migrain dengan mendinginkan darah yang mengalir ke daerah kepala dan leher.

Penelitian telah menunjukkan bahwa penerapan dingin pada pembuluh darah utama di leher dapat signifikan mengurangi rasa sakit, dan sekitar 77 persen peserta mengonfirmasi bahwa kompres dingin membantu meredakan gejala migrain.

BACA JUGA:Tubuh Sehat, Mata Tajam: Manfaat Luar Biasa Jus Wortel untuk Kesejahteraan Anda

2. Meredakan Nyeri dan Memulihkan Otot : Salah satu manfaat paling terkenal dari krioterapi adalah kemampuannya untuk meredakan nyeri otot, mengatasi gangguan sendi, dan mendukung pemulihan cedera atletik.

Penggunaan kompres es pada otot yang cedera dan nyeri telah direkomendasikan oleh dokter selama bertahun-tahun karena dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan.

Studi juga menunjukkan bahwa krioterapi dapat meredakan rasa sakit yang disebabkan oleh kondisi seperti rheumatoid arthritis.

3. Mendukung Pencegahan Demensia dan Alzheimer: Meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, krioterapi diyakini dapat membantu dalam pencegahan penyakit seperti Alzheimer dan demensia.

Sumber: