Rahasia Puasa Kamis dalam Islam, Berikut Bacaan Niat dan Keutamaannya

Rahasia Puasa Kamis dalam Islam, Berikut Bacaan Niat dan Keutamaannya

--

HARIANOKUS.COM - Membaca niat ketika hendak berpuasa merupakan salah satu hal yang dianjurkan, termasuk ketika puasa sunnah hari Kamis. Lantas, bagaimanakah bacaan niat puasa sunnah Kamis?. 

Puasa merupakan ibadah yang utama dikerjakan setelah shalat. Di antara puasa yang dianjurkan adalah puasa sunnah yang dilakukan di setiap hari Kamis.

Puasa sunnah Kamis dianjurkan karena Nabi Muhammad SAW melakukan puasa tersebut. Puasa sunnah Kamis dianjurkan untuk dilaksanakan karena hari tersebut merupakan hari disetornya amal manusia.

Nabi Muhammad SAW senantiasa menjaga dirinya untuk selalu berpuasa di hari Kamis sebab Rasulullah SAW ingin dalam keadaan puasa ketika amalnya disetorkan.

BACA JUGA:Baca Doa Ini, Kisah Inspiratif Seseorang 7 Kali Gagal Nikah yang Berhasil Menemukan Jodohnya

Nah, bagi yang ingin mengerjakan puasa sunnah Kamis, berikut ini bacaan niat puasa sunnah Kamis yang dilansir dari NU Online. Bacaan niat puasa sunnah Kamis.

1. Niat Puasa Kamis di Malam Harinya

   "نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمِ الْخَمِيْسِ لِلّٰهِ تَعَالَى"

   Nawaitu shauma yaumil khamisi lillâhi ta'âlâ.

   Artinya: "Aku berniat puasa sunah hari Kamis karena Allah ta'âlâ."

 

2. Niat Puasa Sunnah Kamis Setelah Fajar

   Karena puasa Kamis merupakan puasa sunnah, maka bagi orang yang lupa niat pada malam hari, boleh niat pada siang harinya. Yaitu dari pagi hari sampai sebelum tergelincir matahari (waktu dzuhur), selagi ia belum melakukan hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

 

Sumber: