Kemenag OKU Selatan Minta Madrasah Terus Tingkatkan Elektabilitas

Kemenag OKU Selatan Minta Madrasah Terus Tingkatkan Elektabilitas

Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Selatan meminta seluruh Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) se-OKU Selatan terus jaga elektabilitas.-Foto: Hamdal Hadi/HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Selatan mengajukan permintaan kepada seluruh Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) yang berada di wilayah OKU Selatan untuk terus meningkatkan elektabilitas mereka.

Pernyataan ini disampaikan oleh H. Karep, S.Pd., M.M, Kepala Kantor Kementerian Agama OKU Selatan, yang didampingi oleh Kasi Pendidikan Madrasah, Hasfin Arian, M. Pd, saat memberikan pembinaan dan melakukan monitoring Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di MIN 2 OKU Selatan pada Kamis (26/10).

Karep menjelaskan bahwa dengan terus meningkatnya kualitas pendidikan di madrasah, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap madrasah juga semakin meningkat.

BACA JUGA:Wah, Warga Curigai Ada Dugaan Indikasi Pungli Di Pemasangan Meteran Listrik OKUS

"Ia mengatakan bahwa mendapatkan kepercayaan masyarakat bukanlah tugas yang mudah. Madrasah selama puluhan tahun terus berupaya untuk melakukan perbaikan dan mengembangkan seluruh potensi yang dimilikinya," tambah Karep.

Namun, seiring dengan perubahan regulasi yang menyamakan madrasah dengan sekolah umum, tugas madrasah ke depan akan semakin berat.

Oleh karena itu, pihaknya mendorong seluruh madrasah untuk memahami bagaimana cara mengemban amanah masyarakat dengan baik. Hal ini sejalan dengan perubahan regulasi dan kunci utamanya adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

“Selain kepribadian siswa sebagai modal pokok, madrasah juga harus terus meningkatkan kompetensinya di bidang sains dan teknologi. Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat,” kata Karep.

BACA JUGA:Siswa Siswi SDN 10 Sungai Are OKU Selatan Terpaksa Ikuti ANBK di Kebun

Ia juga menekankan bahwa madrasah harus menjadi lembaga pendidikan yang lebih baik dari sekolah umum.

Kehebatan madrasah tercermin dalam peningkatan performa madrasah itu sendiri, kinerja guru dan tenaga kependidikan yang berprestasi, serta pencapaian siswa dalam bidang akademik maupun non-akademik.

“Madrasah bermartabat berarti mencapai kehebatan melalui cara-cara yang jujur dan bermartabat, dengan menerapkan 5 prinsip kerja, yaitu kerja keras, kerja tuntas, kerja cerdas, kerja berkualitas, dan kerja ikhlas," tambahnya. (Dal)

Sumber: