Manfaat Luar Biasa Daun Mangga untuk Kesehatan: Menurunkan Asam Urat, Mendukung Kesehatan Mata, dan Lainnya!

Manfaat Luar Biasa Daun Mangga untuk Kesehatan: Menurunkan Asam Urat, Mendukung Kesehatan Mata, dan Lainnya!

Daun Buah Mangga.-foto: IST-

HARIANOKUS.COM - Daun mangga mengandung beragam vitamin dan mineral yang memberikan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar asam urat tinggi dan kolesterol jahat.

Daun mangga seringkali dianggap remeh oleh banyak orang, meskipun sebenarnya daun ini memiliki potensi penyembuhan untuk berbagai jenis penyakit.

Daun mangga mengandung senyawa polifenol dan terpenoid, serta memiliki sifat antiinflamasi yang berguna bagi kesehatan.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari daun mangga yang telah dikutip dari berbagai sumber:

BACA JUGA: Buah Termahal di Dunia Mangga Miyazaki, Ternyata Kini Bisa Ditanam di Rumah loh!

1. Menurunkan Asam Urat: Daun mangga mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, fenol, dan flavonoid, yang diyakini efektif dalam menurunkan kadar asam urat tinggi.

Daun mangga mengandung pelarut purin yang dapat mengurangi kristal asam urat dalam tubuh.

Anda dapat membuat ramuan obat herbal asam urat dengan merebus daun mangga muda (berwarna hijau) dalam 250 cc air hingga mendidih dan daun berubah warna. Minumlah air rebusan ini dua kali sehari selagi hangat.

2. Penyakit Mata: Kandungan polifenol dan terpenoid dalam daun mangga berperan sebagai antioksidan yang dapat melindungi mata dari risiko penyakit mata.

3. Kesehatan Jantung: Penelitian yang dipublikasikan di BioFactors menunjukkan bahwa mangiferin dalam daun mangga mengandung polifenol yang memiliki struktur C-glucosyl xanthone yang dapat menghambat peradangan berlebih.

Selain itu, daun mangga memiliki sifat farmakologis antidiabetik, analgesik, dan imunomodulator, sehingga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan neurologis.

BACA JUGA:Delapan Manfaat Konsumsi Buah Mangga, Dari Mengurangi Resiko Penyakit Kronis Hingga Menyehatkan kulit

4. Menurunkan Berat Badan: Ekstrak daun mangga telah diketahui membantu mengurangi penumpukan lemak di dalam sel-sel jaringan, meskipun masih memerlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Diabetes: Daun mangga dapat membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah, yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Sumber: