Persiapan Pemilu, Gencar Perekaman E KTP Pemilih Pemula

Persiapan Pemilu, Gencar Perekaman E KTP Pemilih Pemula

Perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) untuk pemilih pemula menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.--

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Pemerintah Kabupaten OKU Selatan, bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, gencar melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) untuk pemilih pemula menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepala Disdukcapil Kabupaten OKU Selatan, Alfian Andriyanto, menjelaskan bahwa langkah ini diambil guna memastikan kelancaran Pemilu serentak tahun 2024, yang hanya beberapa bulan lagi.

 "Upaya ini kita lakukan untuk mensukseskan pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2024 dan memfasilitasi hak suara pemilih pemula yang akan menyalurkan hak suaranya," kata Alfian Andriyanto pada Rabu, (1/11).

Lebih lanjut kata Alfian, bahwa pihaknya terus mengupayakan perekaman e-KTP bagi siswa SMA dan SMK di OKU Selatan. Selain itu, mereka juga menerbitkan e-KTP bagi pemilih pemula yang pada hari pemilihan sudah mencapai usia 17 tahun. 

BACA JUGA:SMPN 01 Simpang Memberikan Reward kepada Siswa

BACA JUGA:Kemenag OKU Selatan Cairkan Gaji 50 PPPK Penyuluh

"Selain ke sekolah, kami juga melakukan perekaman e-KTP secara door-to-door dari desa ke desa di 19 kecamatan dalam wilayah kabupaten OKU Selatan," tambahnya.

Alfian melaporkan bahwa sejak bulan Januari hingga Oktober 2023, sebanyak 6.969 warga telah melakukan perekaman e-KTP. Dari jumlah tersebut, 1.404 di antaranya adalah pemilih pemula.

Namun, ia juga mencatat bahwa ada 315 pelajar atau pemilih pemula yang telah melakukan perekaman e-KTP, namun belum bisa mencetak e-KTP mereka karena usia mereka belum mencapai 17 tahun.

Untuk diketahui, saat ini, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten OKU Selatan mencapai 309.699 jiwa, dengan rincian 160.300 jiwa pemilih laki-laki dan 149.399 jiwa pemilih perempuan. “Ini adalah langkah penting dalam memastikan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilu 2024 di wilayah ini,”tukasnya. (end)

 

Sumber: