Bronjong Ambruk Nyaris Seret Rumah Warga OKU

Bronjong Ambruk Nyaris Seret Rumah Warga OKU

Bronjong di pinggiran Sungai Ogan, Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), longsor pada Senin (6/11) sore. --

 

PENINJAUAN, HARIANOKUS.COM - Sebuah bronjong di pinggiran Sungai Ogan, Desa Kedondong, Kecamatan Peninjauan, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), longsor pada Senin (6/11) sore.

Kejadian tersebut hampir menyeret lima rumah warga di sekitarnya. Meskipun tidak ada korban jiwa, bronjong yang ambruk tersebut mengancam rumah-rumah warga di sekitarnya.

Bangunan tersebut berada di belakang lima rumah warga, termasuk rumah ketua RT dan kades setempat.

Menurut informasi dari Kapolsek Peninjauan, AKP Mardani, amblasnya bronjong terjadi karena struktur tanah yang bergerak akibat aliran Sungai Ogan dan air pembuangan warga.

Meskipun tidak ada korban jiwa, kejadian ini mengakibatkan kerusakan pada bagian belakang rumah warga, dan beberapa rumah menjadi tidak nyaman untuk ditempati.

Mardani menyatakan bahwa tanah di belakang rumah warga sudah tergerus dan ada yang sudah bergerongga, sehingga perlu segera diantisipasi agar tidak terjadi longsor susulan.

Pihak berwenang setempat diharapkan segera menangani bronjong yang longsor untuk mencegah risiko longsor susulan, terutama dengan mempertimbangkan tekstur tanah yang lembut dan sudah retak.

Pemerintah setempat juga diingatkan untuk melakukan penanganan terhadap lokasi tersebut mengingat sebelum dipasang bronjong, area tersebut sudah pernah mengalami longsor.

Dengan adanya risiko hujan dan naiknya debit air Sungai Ogan dalam beberapa hari ke depan, perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko bencana lebih lanjut. (*)

Sumber: