Waspadai Angin Puting Beliung dan Hujan Intensitas Tinggi, Bupati OKU Selatan Imbau Warga

Waspadai Angin Puting Beliung dan Hujan Intensitas Tinggi, Bupati OKU Selatan Imbau Warga

--

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Bupati OKU Selatan, Popo Ali, M.B.Comm, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada menghadapi cuaca ekstrem berupa angin puting beliung dan hujan intensitas tinggi selama musim penghujan. Imbauan ini disampaikan menyusul musibah pohon tumbang yang menimpa satu unit rumah di Desa Tanjun Jati, Kecamatan Kisam Ilir, Sabtu, 18 November 2023 pukul 19.00 WIB.

Musibah tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun rumah milik Sumantri (50 tahun) mengalami kerusakan berat. Selain itu, sepeda motor, televisi, dan salon aktif milik keluarga Sumantri juga mengalami kerusakan akibat pohon cempaka yang tumbang.

Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah melakukan pembersihan material pohon tumbang yang menimpa rumah tersebut.

Bupati Popo Ali menyampaikan rasa prihatinnya dan mengingatkan masyarakat untuk selalu waspada terhadap cuaca ekstrem.

"Saya menghimbau untuk seluruh masyarakat OKU Selatan, saat ini kita telah memasuki musim penghujan, pemukiman yang berada di perbukitan dan dekat dengan pepohonan yang rawan tumbang untuk lebih waspada karena rawan longsor dan pohon tumbang," ujar Bupati.

BACA JUGA:Angin Puting Beliung Hantam Desa Tanjung Jati OKUS, Pondok Hunian Milik Sumantri Ambruk Tertimpa Pohon

Bupati juga menghimbau agar warga yang tinggal di daerah perbukitan dan berdekatan dengan pepohonan untuk meningkatkan kewaspadaan menjelang musim penghujan, serta selalu melaporkan kondisi terkini di daerah mereka kepada pihak terkait agar dapat segera ditangani.

Teruslah waspada dan jaga keamanan di sekitar tempat tinggal Anda selama musim penghujan, serta ikuti petunjuk dan imbauan dari pemerintah daerah dan BPBD OKU Selatan.

Menindaklanjuti imbauan dari Bupati OKU Selatan, Popo Ali, M.B.Comm, pemerintah setempat bersama BPBD kabupaten terus berupaya untuk memastikan kesiapsiagaan menghadapi cuaca ekstrem seperti angin puting beliung dan hujan intensitas tinggi selama musim penghujan.

BPBD OKU Selatan menyusun rencana penanggulangan bencana yang melibatkan pemerintah setempat, kelurahan, dan masyarakat. Rencana ini mencakup langkah-langkah pencegahan dan respons cepat dalam menghadapi bencana. Beberapa langkah yang telah diambil, di antaranya:

Penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang cara menghadapi cuaca ekstrem, termasuk cara mengungsi dan menyelamatkan diri, serta mengenali tanda-tanda alam terkait bahaya longsor dan pohon tumbang.

BACA JUGA:OKU Selatan Sukses Juara Qosidah Tingkat Provinsi

Koordinasi dengan instansi terkait untuk memantau dan melaporkan situasi cuaca serta kondisi tanah dan pepohonan di daerah rawan bencana.

Pelatihan dan pembentukan tim relawan yang akan mendukung upaya penanggulangan bencana.

Sumber: