Siswa SMPN-01 Simpang Belajar Kelola Sampah di BSP

Siswa SMPN-01 Simpang Belajar Kelola Sampah di BSP

) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) mengajak guru dan sebagian siswa melakukan Wisata Edukatif Lingkungan Hidup ke Bank Sampah Prabumulih (BSP), Minggu (19/11).-Foto: Hamdal Hadi/Harian OKU Selatan.-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam upaya memberikan pemahaman praktis kepada siswa, Kepala Unit Pelaksana Teknik (UPT) Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN-01) mengorganisir kegiatan Wisata Edukatif Lingkungan Hidup ke Bank Sampah Prabumulih (BSP) pada Minggu (19/11).

Tujuan dari Wisata Edukatif ini adalah memberikan kesempatan kepada guru dan sejumlah siswa untuk memahami secara langsung cara efektif mengelola sampah, dengan harapan pengetahuan tersebut dapat diimplementasikan di lingkungan sekolah.

Rita Aziana, S. Pd, Kepala Unit Pelaksana Teknik (UPT) SMPN-01 Simpang, menjelaskan tujuan kegiatan ini saat dihubungi pada Minggu (19/11). Menurutnya, kegiatan ini melibatkan Kepala Sekolah, dewan guru, dan sejumlah siswa, mengadopsi format studi tur dengan mengunjungi Bank Sampah Prabumulih (BSP).

BACA JUGA:Waspadai Angin Puting Beliung dan Hujan Intensitas Tinggi, Bupati OKU Selatan Imbau Warga

BACA JUGA:OKU Selatan Sukses Juara Qosidah Tingkat Provinsi

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan langsung mengenai praktik pengelolaan sampah yang baik. Rita berharap pengetahuan yang diperoleh dapat diaplikasikan untuk mengatasi permasalahan sampah di sekolah dan sekitarnya.

"Kami senang mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru, semoga ini bermanfaat bagi sekolah dan lingkungan sekitarnya, sehingga siswa di masa depan dapat menjadi agen perubahan dalam pengelolaan sampah," ujar Rita.

Menurut Rita, kegiatan seperti ini dapat membantu membangun kesadaran siswa terhadap pentingnya penanganan sampah agar tidak mencemari lingkungan sekolah dan sekitarnya.

"Setiap jenis sampah tidak selalu menjadi limbah, beberapa dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi pupuk, serta dapat menjadi sumber penghasilan. Kunjungan ke BSP ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dan menjadi contoh bagi yang lain," tambahnya. (Dal)

Sumber: