Cegah Siber, Diskominfo Ikuti Louncing CSIRT

Cegah Siber, Diskominfo Ikuti Louncing CSIRT

-foto: IST-

PALEMBANG, HARIANOKUS.COM – Guna menjaga keamanan data, Pemerintah Kabupaten OKU Selatan melaui Dinas Komunikasi dan Informatika hadiri Launching Computer Security Incident Response Team (CSIRT).

 

Louncing itu sendiri, diikuti 11 Kabupaten/ Kota dan 7 Perguruan Tinggi Kota Palembang dan Lampung dan Pengukuhan Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Daerah Provinsi Sumsel Periode 2023- 2026, digerus Agung, Jumat (24/11/2023).

 

Kegiatan itu sendiri, dihadiri Pj, Gubernur Sumatera Selatan Dr. Agus Fatoni, M.Si., BSSN RI, Para Kepala Dinas Kominfo Kabupaten/ Kota Sumatera Selatan, Para Pejabat Daerah di Lingkuang Pemerintah Provinsi Sumsel.

 

Plt. Kepala Dinas Kominfo OKU Selatan, Zakiah.S.E.,M.M. telah terima surat tanda registrasi tim tanggap insiden siber pada instansi Pemerintah atau yang biasa disebut Computer Security Incident Response Team (CSIRT), yang di serahkan langsung oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI.

 

"Computer Security Incident Response Team bertujuan untuk menjaga keamanan data dan informasi siber, selanjutnya mengantisipasi ancaman serangan siber yang semakin meningkat saat ini," terangnya.

 

Dikatakannya, hal ini sejalan dengan konstitusi, yang mengamanatkan perlindungan segenap bangsa Indonesia, terutama dalam pemanfaatan teknologi informasi.

 

Dengan membentuk CSIRT di kabupaten/kota, akan dapat dijalin kerja sama guna menghadapi insiden siber yang timbul. Sekaligus, menjamin keutuhan dan ketersediaan data dan informasi siber pemerintah daerah.

 

Sumber: