Dinas PMD OKU Selatan Dorong Transformasi UPK EKS PNPM-MPd untuk Meningkatkan Perekonomian Desa

 Dinas PMD OKU Selatan Dorong Transformasi UPK EKS PNPM-MPd untuk Meningkatkan Perekonomian Desa

-foto: Rani HOS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan menyelenggarakan Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) tahun 2023 pada Rabu (6/12/2023).

Kepala Dinas PMD OKU Selatan, A. Romzi, S.E., M.M., menyampaikan bahwa Sosialisasi Bumdes ini merupakan langkah pembinaan terhadap UPK Eks PNPM-MPd yang belum bertransformasi menjadi Bumdes LKD hingga tahun 2023 di Kabupaten OKU Selatan.

Langkah ini merespons Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI nomor 15 tahun 2021 tentang tata cara pengelolaan dana bergulir masyarakat Eks PNPM Mandiri Perdesaan menjadi BUM Desa.

BACA JUGA:Dinas PMPD Catat 9.205 Warga Penerima BLT Dandes

Data perkembangan Transportasi Kabupaten OKU Selatan per September 2023 menunjukkan bahwa dari 10 UPK yang ada, 7 UPK belum bertransformasi.

A. Romzi berharap UPK yang belum bertransformasi dapat segera menjadi BUMDES LKD untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Ketua Panitia pelaksana, Desty Octamerinda, S.S., M.M., menyatakan bahwa tujuan sosialisasi ini adalah agar UPK EKS PNPM-MPd yang belum bertransformasi segera melakukan transformasi menjadi BUMDES LKD, sehingga dapat berperan secara optimal dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

BACA JUGA:Dinas PMPD OKU Selatan Tunggu Laporan Capaian Tahap Dua Dana Desa

Narasumber dalam sosialisasi ini adalah Peri Antoni, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten OKU Selatan. Acara berlangsung di Aula Dinas PMD Kabupaten OKU Selatan dan dihadiri oleh Para Camat, Para Kepala Desa, serta undangan lainnya. (*)

 

Sumber: