Jelang Pemilu, ASN OKU Selatan Deklarasi Netral

 Jelang Pemilu, ASN OKU Selatan Deklarasi Netral

Aparatur Sipil Negara (ASN) OKU Selatan Deklarasikan Netralitas, Rabu (27/12).-foto: Diskominfo OKUS-

MUARADUA, HARIANOKUS.COM - Dalam tangka menjelang pelaksanaan Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Aparatur Sipil Negara (ASN) OKU Selatan Deklarasikan Netralitas, Rabu (27/12).

Deklarasi itu sendiri diselenggarakan oleh Pemprov Sumsel yang diikuti oleh ASN se Kabupaten dan Kota se-Sumatera Selatan secara Dalam Jaringan (Daring).

Sekretaris Daerah (Sekda) OKU Selatan M. Rahmattullah, S.STP., M.M hadiri secara langsung Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 di Griya Agung Palembang.

Sedangkan, di OKU Selatan dipimpin oleh Asisten I Joni Rafles, AP,.M.Si., serta FKPD, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, Kakan Menag, Para Asisten, Para Staf Ahli, Para Kepala OPD, Para Kabag, Para Camat,  Ketua KPU, Ketua Bawaslu, Para Pejabat Eselon III, IV dan Pejabat Fungsional turut ikuti Deklarasi secara daring di Ruang Serasan Seandanan Kabupaten OKU Selatan.

BACA JUGA:Realisasi Investasi OKU Timur 2023 Melampaui Target: Capai Rp 640 Miliar

Dalam laporan Kepala Badan Keuangan Daerah Sumatera Selatan, Ismail Fahmi, SIP., M.Si menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024 hari ini adalah untuk mewujudkan ASN yang netral dan profesional, serta menyelenggarakan Pemilu dan Pilkada 2024 yang berkualitas.

"ASN diwajibkan untuk menjaga independensi dan kesetaraan dalam memberikan pelayanan publik, tanpa memihak kepada kelompok atau individu tertentu sehingga proses demokrasi dapat berjalan dengan tertib, lancar dan damai sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan yang ada," terangnya.

BACA JUGA:Prestasi Hebat Polres OKU Selatan, Sukses Ungkap Kasus dan Layani Masyarakat dengan Baik

Peserta yang hadir pada pelaksanaan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN Pada Pemilu dan Pilkada Tahun 2024, dihadiri oleh seluruh ASN di Prov.Sumsel, Kabupaten/Kota sebanyak 180.751 orang yang terdiri dari, 1.ASN Prov.Sumsel sebanyak 20.086 orang, 2.ASN Kab/kota se-Sumsel sebanyak 159.642 orang, dan 3.Instansi Vertikal sebanyak 1023 orang.

Selanjutnya, dilaksanakan Pembacaan Ikrar oleh Bupati/Pejabat Wali Kota, FKPD, Sekretaris Daerah, Ketua KPU dan Bawaslu, Para Asisten, Para Kepala OPD, Pimpinan Instansi Vertikal, dan seluruh ASN se-Sumatera Selatan yang hadir secara langsung maupun secara daring ikut mengucapkan Ikrar Netralitas dalam Pemilu dan Pilkada Tahun 2024.

Setelah pembacaan Ikrar Netralitas, dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Pakta Integritas oleh Bupati/Pejabat Walikota se-Sumatera Selatan atau yang mewakili.

BACA JUGA:Pusing Karena Low Budget, Ini Rekomendasi Smartphone Vivo dengan Spesifikasi Terbaik di Harga 1 Jutaan

Selanjutnya, dalam sambutan Pj Gubernur Sumatera Selatan, Dr. Agus Fatoni, M.Si., menyampaikan bahwa hari ini adalah pelaksanaan Deklarasi Netralitas Pegawai ASN serentak se-Provinsi pertama di Indonesia, dan Prov.Sumsel juga telah mempelopori penandatanganan NPHD se-Provinsi Sumsel.

"Saya berterima kasih kepada Para Bupati/Pejabat Walikota, Sekda, dan seluruh ASN yang hari ini telah berkomitmen bersama-sama mendeklarasikan dan netralitas ASN dalam pelaksanaan pemilu tahun 2024," ujarnya.

Sumber: