4 Produk Baru Samsung, Galaxy Z Flip 5 hingga Galaxy Tab S9

4 Produk Baru Samsung, Galaxy Z Flip 5 hingga Galaxy Tab S9

--

HARIANOKUS.COM - Gelaran 'Galaxy Unpacked' merupakan ajang peluncuran beberapa produk baru Samsung.

Beberapa di antaranya sudah menjadi topik hangat di internet sejak beberapa bulan terakhir.
Berikut rangkuman 5 produk yang dirilis Samsung.
Samsung Galaxy Z Flip 5
HP lipat termutakhir dari Samsung ini memiliki 2 highlight.

Pertama, layar sekunder (cover screen) yang lebih besar dengan ukuran 3,4 inci.
Dengan cover screen yang 'penuh' ketika dilipat, fungsinya pun lebih banyak.

Mulai dari antarmuka widget yang lebih informatif, akses ke aplikasi yang lebih mudah dan fungsional, akses ke penyetelan cepat, hingga menangkap selfie dengan kamera utama tanpa perlu membuka layar utama (main screen).

Selain itu, lipatan Galaxy Z Flip 5 juga kini tak memiliki celah atau lubang, berkat teknologi yang diistilahkan 'Flex Hinge'. Namun, bekas lipatan (crease) tetap terlihat ketika layar dibuka, baik dalam keadaan nyala atau mati.

Lipatan yang lebih rapat membuat bodi Galaxy Z Flip 5 lebih tipis dalam keadaan tertutup. Ketebalan yang sebelumnya 17,1mm pada Galaxy Z Flip 4, kini menjadi 15,1mm.

Samsung Galaxy Z Fold 5
Samsung Galaxy Z Fold 5 (CNBC Indonesia/Tini Bohang)Foto: Samsung Galaxy Z Fold 5 (CNBC Indonesia/Tini Bohang)
Samsung Galaxy Z Fold 5 (CNBC Indonesia/Tini Bohang)
HP lipat menyerupai buku, Galaxy Z Fold 5, membawa peningkatan untuk aspek ergonomis. Kini, HP ini diklaim sudah lebih ringan 10 gram dari generasi sebelumnya.

Desain ini memangkas kelemahan HP lipat jumbo pada umumnya, yakni berat dan bikin tangan pegal ketika dipegang dalam waktu lama.

Meski lebih ringan, namun Samsung masih bisa menyematkan ruang pendingin (Vapor Chamber) yang lebih luas 38%. Dengan begitu, seharusnya pengalaman menjajal banyak aplikasi sekaligus atau bermain game tak ada gangguan.
Galaxy Z Fold 5 memiliki 5 kamera.

Di bagian punggung ada 3 kamera yang masing-masing beresolusi 12MP (ultrawide), 50MP (wide, OIS), dan 10MP (telefoto 3x, OIS).
Lalu, kamera depan atau kamera dalam memiliki resolusi 4MP (f/1.8) yang disematkan di bawah layar (Under Display Camera).

Terakhir, di bagian depan alias kamera cover, resolusiya 10MP (f/2.2).
Samsung Galaxy Tab S9 Series
Galaxy Tab S9 5G. (Dok. Samsung)Foto: Galaxy Tab S9 5G. (Dok. Samsung)
Galaxy Tab S9 5G. (Dok. Samsung)
Samsung juga merilis tiga tablet bersaudara, yakni Galaxy Tab S9, S9 Plus, dan S9 Ultra. Perbedaan ketiganya paling terlihat dari segi ukuran, dan kapasitas baterai.Galaxy Tab S9 varian standar memiliki layar 11 inci, Tab S9 Plus 12,4 inci, dan Tab S9 Ultra 14,6 inci.

Semuanya memakai layar Dynamic AMOLED 2X yang diklaim memberikan warna lebih akurat dengan detil yang mumpuni untuk mengonsumsi konten hiburan dan game.

Semuanya sudah mendukung jaringan 5G dan Wi-Fi. Chipset-nya juga premium, memakai Snapdragon 8 Gen 2 yang sudah langganan dipakai perangkat flagship.

Salah satu fitur barunya adalah kemampuan Samsung Notes untuk berkolaborasi antar-pengguna. Selama punya akun Samsung, maka file bisa diedit bersama. Hal ini akan membantu proses bekerja dan kreatif secara tim.

Sumber: