Menelusuri, Jejak Sejarah di Balik Nama Sungai Komering

Menelusuri, Jejak Sejarah di Balik Nama Sungai Komering

Menyingkap Sejarah dan Kebudayaan Lokal Melalui Mata Air di Muaradua-Poto: Hendri/HOS-

MUARADUA,HARIANOKUS.COM - Sungai Komering adalah salah satu sungai yang panjang di Sumatera Selatan, membentang dari dua aliran Sungai saka selabung dari jantung Kota MUARADUA hingga ke Provinsi Sumsel. Letaknya di bagian Selatan Daya Pulau Sumatera. 

Namun, di balik keunikannya, ternyata sungai ini memiliki cerita yang menarik dan tersembunyi, terutama tentang asal usul namanya yang berasal dari sebuah mata air yang mengalirkan air langsung ke sungai Saka Selabung.

Asal-usul berasal dari sebuah sumber mata air yakni dari Tangga Puyang Komering yang ada di Lingkungan VII Pasar Lama Ulu, Kecamatan Muaradua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan. 

Menurut penduduk setempat, Bambang menjelaskan, aliran mata air ini sangat jernih dan pada masa silam, sering dimanfaatkan oleh warga untuk mandi serta mencuci piring. Bahkan, meski saat kemarau panjang, mata air ini tetap mengalir tanpa henti.

BACA JUGA:Kenaikan 8,9% Trafik Data Indosat Di Momen Tahun Baru 2024

Disni juga, Bambang mengingatkan kita untuk tetap menjaga kearifan lokal dan sejarah yang terpendam di daerah kita agar tetap terjaga dan dapat dipelajari oleh generasi selanjutnya," jelas Bambang disaat dibincangi awak media. Kamis (4/1/2024). 

Dengan terjadinya aliran mata air yang mengalir langsung ke sungai Saka Selabung, terciptalah nama 'Sungai Komering', yang menjadi nama Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan saat ini.

Tidak banyak yang tahu bahwa, mata air tersebut merupakan sumber air yang berasal dari bawah tanah dan ada di tebing tangga Puyang Komering di wilayah tersebut. 

Dan ketika bepergian ke daerah ini, penting untuk mengunjungi dan melihat mata air tersebut sendiri, di mana kamu dapat menemukan sumbernya dan merasakan air yang jernih dan segar.

BACA JUGA:Kasus Hilangnya Uang Misterius Menggemparkan Warga di Desa Buay Rawan, OKU Selatan

Konon, mata air tersebut mengalir langsung ke sungai Saka Selabung, yakni salah satu sungai besar yang melewati kota Muaradua dan berperan penting sebagai, salah satu penghasil air bersih bagi warga sekitar. Seiring dengan perkembangan zaman, mata air tersebut tidak lagi digunakan oleh warga setempat.

Dengan seiringnya waktu dan kebiasaan, nama Sungai Komering kemudian menjadi terkenal di area ini. Tidak hanya sebagai sebuah sungai besar yang mengalir sepanjang kota, tetapi juga sebagai nama resmi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan sendiri. 

Kisah sumber, mata air Tengga Puyang Komering terus menjadi bukti eksklusif dari daerah ini, tetapi berita baiknya adalah siapapun dapat mengunjungi dan melihat mata air tersebut langsung serta menikmati kisah dan sejarahnya.

Sebagai tempat yang kaya akan sejarah dan budaya lokal, Ogan Komering Ulu Selatan juga terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, serta makanan tradisional yang kaya akan rasa. 

Sumber: