Wayang Kulit, Karya Seni Tertua yang Melegenda

Wayang Kulit, Karya Seni Tertua yang Melegenda

Wayang Kulit Karya Seni Tertua yang Melegenda-Poto: Hendri/HOS-

 

HARIANOKUS.COM - Tahukah Anda bahwa ada seni yang sangat memukau dan telah ada sejak tahun 840 M? Ya betul! Kami berbicara tentang wayang kulit yang berbisik cerita-cerita kebesaran dalam sejarah dan kultur Indonesia.

Wayang kulit ini juga, telah diakui oleh UNESCO sebagai, salah satu Warisan Budaya Lisan dan Takbenda Manusia.

BACA JUGA:Wah, Penyidikan Kasus PLN Muaradua Dihentikan? Ini Alasan Kejaksaan OKU Selatan

Apa yang membuat wayang kulit dari Yogyakarta begitu khas? Semuanya terkait dengan bahan-bahannya dan tingkat keahlian pembuatannya. 

Gaya wayang ini, terbuat dari kulit kerbau yang serba guna dan tahan lama, yang dikenal karena kekuatannya yang luar biasa dan susah untuk merusak bentuk aslinya. 

BACA JUGA:Dua Tahun Berturut-turut, Peluru Nyasar Teror Warga Swadaya di Malam Tahun Baru Bukit Lama Palembang

Tapi, itu hanya permulaan! Proses pembuatan wayang kulit dari waktu paling cepat memerlukan waktu satu minggu hingga 4 bulan, tergantung pada tingkat kesulitannya.

Sedikit bergeser ke sisi lain, kita juga bisa melihat alat-alat semacam pahat bartok yang siap digunakan untuk mengukir kulit.

Jangan terkejut dengan lamanya waktu yang dibutuhkan! Setiap detail di setiap boneka kulit diperhatikan oleh, para pengrajin berbakat yang membangkitkan wayang ini menjadi benda hidup. 

BACA JUGA:Kenaikan 8,9% Trafik Data Indosat Di Momen Tahun Baru 2024

Dari bentuk hidung ke kontur tubuh, setiap aspek dilukis secara strategis oleh tangan pengrajin. Jadi, apakah Anda siap untuk melihat langsung dunia indah dari wayang kulit? Yogyakarta menantimu!

Sumber: