Mengagumkan! Ragam Tarian dan Cerita Nilai dari Kesenian Jaranan

Mengagumkan! Ragam Tarian dan Cerita Nilai dari Kesenian Jaranan

Jaranan kesenian tradisional Indonesia yang menakjubkan dan kaya akan sejarah-Poto: Hendri/HOS-

 

HARIANOKUS.COM - Tentu saja! Kesenian jaranan adalah, salah satu Kesenian tradisional Indonesia yang menakjubkan dan kaya akan sejarah. Para penari dan musisi, yang melakukan pertunjukan jaranan saat ini, telah mewarisi tradisi warisan budaya dari para leluhur mereka. 

Dalam pertunjukan jaranan, penonton dapat melihat lompatan-lompatan yang elegan, pantomim dan tarian berselang-seling yang dinamis, serta musik tradisional yang digunakan dalam akomodasi modern yang menawan.

Jaranan pertama kali dimainkan oleh, para petani di kampung-kampung Jawa, tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pertunjukan ini semakin populer. Sekarang jaranan sudah dikenal hampir di seluruh Indonesia dan bahkan di luar negeri.

BACA JUGA:Jangan Sampai Lewatkan, Manfaat Luar Biasa dari Buah Jambu Biji

Pertunjukan jaranan biasanya dimulai dengan sebuah ritual, di mana penari dan musisi memohon keselamatan dan keberuntungan dari dewi-dewi. 

Ritual ini sangat penting, karena dalam kepercayaan tradisional Jawa, kesenian jaranan juga melibatkan adanya roh-roh yang turun dari alam lain ke dalam dunia kita. 

Kemudian, para penari dan musisi memulai pertunjukan dengan menampilkan tarian-tarian dengan menggunakan atribut-atribut tradisional seperti keris dan kipas.

BACA JUGA:Negeri di Atas Awan di Banten, Keindahan Gunung Luhur Citorek

Selain tari-tarian tradisional, jaranan juga menampilkan cerita-cerita tradisional yang mengisahkan kisah seorang pahlawan. Cerita-cerita tersebut mengandung nilai-nilai budaya yang mendorong kebaikan dan mempromosikan kerja sama dalam masyarakat.

Kesenian jaranan tidak hanya menjadi hiburan, tetapi juga memiliki makna yang sangat signifikan bagi masyarakat Jawa. Jaranan dianggap sebagai sarana unik untuk berkomunikasi dengan roh leluhur dan dewa-dewa. 

Hal ini tercermin dalam adanya beberapa penampilan tari dengan gerakan-gerakan yang terlihat seperti orang yang sedang kerasukan oleh roh-roh.

Kini, kesenian jaranan benar-benar terwujud sebagai sebuah kesenian nasional yang membanggakan. 

BACA JUGA:Upacara Kenaikan Bendera HUT OKU Selatan, PPI Gelar Audiensi dengan Sekda untuk Persiapan Matang

Sumber: